Efektivitas Penggunaan Sistem Computer Based Test dan Paper Based Test dalam Pelaksanaan Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia di SMPN 6 Singaraja

Penulis

  • Selfy Udayana Kusuma Wardani SMP Negeri 1 Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39676

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses penggunaan sistem berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) dan sistem berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT),  kesiapan siswa dalam mengikuti UTS CBT dan PBT, keefektivan penggunaan CBT dan PBT dalam pelaksanaan UTS di SMPN 6 Singaraja. Subjek pada kajian studi ini ialah Panitia Pelaksana UTS, guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan CBT dan PBT dalam pelaksanaan UTS. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dalam metode observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi.  Tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penggunaan sistem berbasis komputer dan kertas dalam pelaksanaan UTS Bahasa Indonesia di SMPN 6 Singaraja sudah berjalan dengan baik melalui tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Kesiapan siswa dalam mengikuti UTS sudah tercapai dengan baik (94,62%) siswa memberikan respons yang positif, siswa sudah memiliki kesiapan dalam mengikuti UTS CBT dan PBT di SMP Negeri 6 Singaraja. Kesiapan siswa dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu kondisi fisik, mental, emosional, dan pengetahuan. Penggunaan CBT dan PBT tergolong efektif karena sudah memenuhi beberapa aspek yaitu validitas, reabilitas, objektif, praktis dan ekonomis.

Kata Kunci:  Computer Based Test; Paper Based Test; Efektivitas.

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles