Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring

Penulis

  • Kadek Dewi Purnama Indragani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Astika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ade Asih Susiari Tantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi mengajar guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring di kelas IX SMP Negeri 1 Tejakula, dan mendeskripsikan kendala guru bahasa Indonesia dalam mengadakan variasi saat pembelajaran daring di kelas IX SMP Negeri 1 Tejakula. Objek penelitian ini adalah variasi mengajar guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring dan kendala yang dialami oleh guru ketika mengadakan variasi mengajar dalam pembelajaran daring. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan variasi yang dimunculkan guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring di kelas IX SMP Negeri 1 Tejakula secara keseluruhan sudah ditampilkan secara bervariasi yaitu variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan bahan ajar, dan variasi pola interaksi. Kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia dalam mengadakan variasi saat pembelajaran daring di kelas IX SMP Negeri 1 Tejakula antara lain: kesediaan jaringan internet yang tidak stabil beberapa siswa masih belum memiliki sarana penunjang pembelajaran yang memadai, serta siswa terlambat bergabung dalam kelas google meet.

Kata Kunci: Variasi Mengajar; Pembelajaran Daring; Bahasa Indonesia.

Biografi Penulis

Kadek Dewi Purnama Indragani, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles