Pengaruh Literasi Digital terhadap Pemahaman Bacaan Cerpen pada Kalangan Remaja Pengguna Media Sosial Aktif

Penulis

  • Nurindah Setyawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Uah Maspuroh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sinta Rosalina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.40124

Abstrak

Rendahnya kemampuan pemahaman bacaan sudah menjadi masalah umum di Indonesia, rendahnya minat baca menjadi salah satu faktor utama penyebab dari masalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman. Perkembangan teknologi digital membuat perubahan kebiasaan membaca, kegiatan membaca dapat dilakukan dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh kegiatan literasi yang dilakukan secara digital dengan pemahaman bacaan cerpen terutama pada remaja yang aktif melakukan aktivitas di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantiatif deskriptif dengan bantuan software SPSS26. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara aktivitas literasi digital remaja usia 16-17 tahun dengan pemahaman bacaan, dapat diartikan bahwa jika aktivitas literasi digital ditingkatkan maka pemahaman bacaan akan meningkat begitupun sebaliknya jika aktivitas literasi digital rendah maka pemahaman bacaan akan ikut rendah. Peningkatan aktivitas literasi digital  dapat dilakukan dengan memperbanyak aktivitas menggunakan teknologi digital dengan tujuan positif yang secara tidak langsung berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan

Kata Kunci: Literasi Digital; Pemahaman Bacaan; dan Remaja

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles