Analisis Produksi dan Perilaku Konsumtif dalam Karya Sastra Bergenre Chicklit dan Teenlit

Penulis

  • Hilary Relita Sekarningrum Sanata Dharma University
  • Novita Dewi Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.43454

Kata Kunci:

Karakter Bangsa, Karya Sastra, Konsumtif, Produksi

Abstrak

Perilaku konsumtif yang saat ini sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia membuat hilangnya karakter Bangsa Indonesia. Perilaku konsumtif tercermin dalam isi cerita dalam sebuah karya sastra yakni Cewek Matre karya Alberthine Indah, Cintapuccino karya Ica Rahmanti, Rahasia Bintang karya Dyan Nuranindya dan  Suatu Sore karya Nurul Arifin.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis produksi konsumtif dalam karya sastra bergenre chicklit dan teenlit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan perilaku konsumtif terdapat dalam novel yang dikaji. Novel Cewek Matre menceritakan gaya hidup yang mewah dengan membeli barang-barang yang mahal. Dalam novel Cintapucciono diceritakan bahwa gaya hidup mewah dengan makan di berbagai restoran ternama. Pada novel Rahasia Bintang perilaku konsumtif tercermin dari tokoh-tokoh yang kongkow di restoran ternama sedangkan pada novel Suatu Sore, perilaku konsumtif nampak pada tokoh-tokoh yang hobi belanja. Perilaku konsumtif juga mempengaruhi produksi suatu barang, dalam hal ini adalah karya sastra.

Referensi

Ainiyah, F. (2013). Fetisisme Komoditas: Pemujaan Status Simbol dalam Gaya Hidup Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 78-98.

Arifin, Nurul. (2003). Suatu Sore dalam Cosmo’s Short Stories: Kumpulan Cerita Pendek PilihanCosmopolitan. Jakarta: Cosmopolitan.

Ate Christmas Prasetia, Selfiana Trianti, & Ndapa Lawa. 2022. Analisis Unsur Instrinsik Novel Ayah Karya Andrea Hirata. Hinef, Jurnal Rumpul Ilmu Pendidikan, 1(1), 34-41.

Chamsriana, C. (2019). Sikap Apresiasi Kreatif Siswa dalam Mempelajari Karya Sastra untuk Meningkatkan Respons Kejiwaan Siswa terhadap Karya Sastra pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IVA SDN 144 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(2), 192-200. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v2i2.192-200

Chandri Kustanti, Meryana. (2016). Tema dan Pesan dalam Fungsi Media pada Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Analisis Wacana Pragmatik. SAP: Susunan Artikel Pendidikan 1(2):186–95. doi: 10.30998/sap.v1i2.1025.

Creswell, John W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ekowarni, E. (2010). Pengembangan Nilai-nilai Luhur Budi Pekerti sebagai Karakter Bangsa. Cakrawala Pendidikan 3(1). 79-92

Endah, Alberthiene. (2012). Cewek Matre. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Febrina, Liga. (2019). Gaya Kepenyairan Taufik Ismail Dalam Sajak Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia. Jurnal Sastra Indonesia 8(3):197–202.

Fikriyyah Ridhayani & Irni Rahmayani Johan. (2020). The Influence of Financial Literacy and Reference Group toward Consumtive Behavior Across Senior Hight School Students. Journal of Consumer Sciences, 5 (1), 29-45.

Ghufron, Anik. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan 1(3):13–24. doi: 10.21831/cp.v1i3.230.

Gunawan, Heri Indri. (2020). Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas: Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi. Jurnal Pendidikan,Hukum, dan Bisnis 5(1):10–20.

Hasanuddin, Kristofel, J., Mahatrisni, P. I., Winasis, N. T. & Satrio, B. (2011) Anxieties/Desires: 90 Insights for Marketing to Youth, Women, Netizen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imanda, Biru Cahya. (2012). Wacana Gaya Hidup Konsumtif dalam Novel Bergenre Chicklit di Indonesia. Экономика Региона 10(9):32.

Inayatul Khoiriyah. 2020. Gaya Hidup Hedonis Tokoh-Tokoh dalam Novel Antologi Rasa Karya Ika Natassa: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Sastra Indonesia 7(3):155–64.

Intan, T. (2021). Budaya Konsumen dan Remaja Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Satu Hari Berani Karya Sitta Karina. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 23-30.

Kasno. (2016). Chick Lit dalam Dunia Sastra Indonesia.Jurnal Pujangga, 2(1):121–69.

Khoiriyah, I. (2020). Gaya Hidup Hedonis Tokoh-Tokoh dalam Novel Antologi Rasa Karya Ika Natassa. Jurnal Sastra Indonesia, 9(1), 38-45.

Littlejohn, S. W. & Foss, K. A. (2008). Theories of Human Communication. Amerika Serikat: Thomson Wadsworth.

Lutfiah, Muhammad Basri, Heni Kuswanti. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi PPAPK FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaaran Katulistiwa, 11(3), 1-10. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53456

Mangera, Elisabet, and Tensoe Tjahjono. (2021). Bentuk Simulasi dan Nilai Konsumtif dalam Novel Simulation Form and Consumptive Value in a Novel. Sawerigading, 27(1), 31-43.

Nelvi Mitra, Syahniar Syahniar, Alizamar Alizamar (2019). Consumtive Behavior of Students in Shooping Online and Implications in Guidance and Counseling Services in Universities. International Journal of Research in Counseling and Education, 3(2), 120-124.

Ningsih, Erniza Puspita. (2013). Wacana Identitas Betawi dalam Novel Kronik Betawi Karya Ratih Kumala. Jurnal Universitas Airlangga, 2(1).61-70.

Novia Astutik, Dadang Danugiri, & Dian Hartati. (2022). Analisis Gaya Bahasa pada Novel Jalan Pasti Berujung Karya Benyaris Adonia Pardosi dan Pemanfaatannya Sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(1), 78-86. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v5i1.78-86

Nur Azlin, Husni Syahrudin, & Heni Kuswanti. 2022. Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Shopee terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaaran Katulistiwa, 11(3), 1-8. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53285

Nurist, S. (2010). Posmodernisme dan Budaya Konsumen. Jurnal Universitas Diponogoro, 2(1),13-22.

Prabaningrum, Dyah, Nur Khasanah Sofia, & Swarinda Tyaskyesti. (2019). Budaya Konsumen dan Remaja Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Satu Hari Berani Karya Sitta Karina. Jurnal Sastra Indonesia 8(1):1–5. doi: 10.15294/jsi.v10i1.40395.

Rejo, Uman. (2018). Kajian Teori Karakter. Journal of Physical Therapy Science 9(1):1–11.

Rezamonda, J. (2013). Masyarakat Kian Konsumtif. Jurnal Universitas Airlangga, 3(1), 76-88.

Semi, M. Atar. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Sutrisno, T. E. (2012). Salah Kaprah Konsumtivisme. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Triyaningsih, S. L. (2011). Dampak Online Marketing Melalui Facebook terhadap Perilaku Kosumtif Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 11(2), 172-177.

Widodo. (2019). Konsep Ikhlas dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tereliye. Jurnal Pedagogy 12(1), 6-19.

Diterbitkan

2022-03-20

Terbitan

Bagian

Articles