PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA IMPLEMENTASI K13 DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X MAN 3 JEMBRANA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.58176Kata Kunci:
kurikulum 2013, menulis puisi, metode pembelajaran inkuiriAbstrak
Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan yang dilakukan di dalam kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian menggunakan metode pembelajaran inkuiri sebagai metode pembelajaran alternatif dalam pembelajaran menulis puisi. Penerapan metode pembelajaran diharapkan mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran hingga mendapat hasil belajar yang baik. Tujuan dilakukannya penelitian ialah (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran inkuiri dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi siswa, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa terkait penerapan metode pembelajaran inkuiri, dan (3) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan siswa dalam menulis puisi. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas X IPS 1 dan pelaksanaan penelitian dilakukan di MAN 3 Jembrana. Peneliti menggunakan metode observasi dan tes sebagai metode pengumpulan data, kemudian untuk metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil temuan pada penelitian ini berupa (1) metode pembelajaran inkuiri mampu memantik motivasi belajar siswa, sehingga metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemilihan metode pembelajaran, (2) pelaksanaan metode pembelajaran ini membuktikan bahwa metode pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar dilihat dari kenaikan nilai skor 73 menjadi skor 92, dan (3) penerapan metode pembelajaran inkuiri mampu mengembangkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumbangsih dalam penelitian selanjutnya yang mengacu pada penerapan metode pembelajaran.
Referensi
Alpiyah. Siti dan Wikanengsih. 2019. Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa SMK. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 2. Halaman 215-218.DOI : https://dx.doi.org/10.22460/p.v2i2p%25p.2678.
Aqib. Zainal dan Ahmad Amrullah. 2018. PTK Penelitian Tindakan Kelas – Teori dan Aplikasi. Penerbit ANDI : Yogyakarta.
Bawamenewi, Arozatulo. 2018. Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menerapkan Metode Inkuiri terhadap Siswa SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Volume 3 Nomor 2. Halaman 333-338. DOI : https://doi.org/10.32696/ojs.v3i2.180.
Gusar, Martua Reynhat Sitanggang. 2020. Kemampuan Mengubah Puisi menjadi Wacana Narasi dengan Metode Inkuiri oleh Siswa Kelas X SMK Swasta Yapim Biru-Biru Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PBI Nommensen. Volume 2 Nomor 1.
Hamdani, Risqyanto Hasan dan Syaiful Islam. 2019. Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Volume 7 Nomor 1.
Hamid, Dudung Abdul dan Dede Endang Mascita. 2019. Kajian Puisi dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Puisi Berbasis Pendekatan Inkuiri. Jurnal Tuturan. Volume 8 Nomor 1.
Haryatna, Tri dkk. 2018. Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMA Santun Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Volume 7 Nomor 9. DOI : http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i9.28371.
Heriyudanta, Muhammad. 2021. Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran PAI. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. Volume 6 Nomor 1. DOI : https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i1.157.
Mifta Nur’aini, Hesti Indah dkk. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi (Studi Kasus di Kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar). BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Volume 3 Nomor 3.
Musyarofah, Atiqatul. 2018. Upaya Peneingkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Metode Inkuiri pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018.Jurnal Tarbiyatuna. Volume 2 Nomor 2.
Rusmiyanti, Pemi. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Metode Inkuiri. Dinamika : Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajarannya. Volume 1 Nomor 2. Halaman 66-74. DOI : https://doi.org/10.35194/jd.v1i2.595.
Yulianti, Ni Pt Ayu dkk. 2014. Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Mengwi. Jural Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 1.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rani Larassati, I Wayan Rasna, Made Sri Indriani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)