Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Iklan pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Sawan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.63789Kata Kunci:
audio visual, isi iklan, problem based learningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menceritakan kembali isi iklan dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan audio visual, peningkatan hasil belajar menceritakan kembali isi iklan dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan audio visual, dan respons peserta didik terhadap pembelajaran menceritakan kembali isi iklan setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan audio visual pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Sawan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menceritakan kembali isi iklan dengan model Problem Based Learning berbantuan audio visual dilakukan berdasarkan rancangan pembelajaran dengan terstruktur yaitu mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup. (2) Peningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran menceritakan kembali isi iklan pada setiap siklus memiliki hasil yang berbeda. Siklus I menunjukkan hasil bahwa dari nilai refleksi awal sebesar 60 meningkat sebesar 14,1% menjadi 74,0 (cukup) dan peningkatan yang terjadi secara drastic pada siklus II sebesar 8,1% dengan ketuntasan nilai rata-rata siswa mencapai 82,1 (baik). (3) Respons peserta didik terhadap penerapan model Problem Based Learning berbantuan audio visual dalam pembelajaran menceritakan kembali isi iklan adalah positif. Hal ini dibuktikan dari peningkatan respons peserta didik pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 41,7 dengan kategori positif dan meningkat pada siklus II sebesar 7,3% dan memperoleh skor rata-rata sebesar 43,6 dengan kategori positif.
Kata-kata Kunci: PBL, audio visual, menceritakan kembali isi iklan
Referensi
Adilah, Nida. 2019. Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98-103.
Belland, Brian R.; French, Brian F.; and Ertmer, Peggy A. 2020 .Validity and Problem-Based Learning Research: A Review of Instruments Used to Assess Intended Learning Outcomes Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning: 3(1), 18-191.
Darmuki, Agus. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatid Tipe Jigsaw pada Mahapeserta didik PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo, Jurnal Imiah Bahasa Indonesia, 2(2), 257-258.
Eko W., Mumpun. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok peserta didik Kelas VII-A SMP Negeri 281 Jakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Jurnal Mitra Guru. 5 (1), 134-137.
Gafar, A. A. & Ridwan, T. 2019. Implementasi problem based learning (PBL) pada proses pembelajaran di BPTP Bandung. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Nomor VII, 12.
Hasrul Bakri. 2021. Peningkatan Minat Belajar Praktek Menggulung Trafo Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada Siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Medtek, 1(1), 2-8.
Lisa,Hanapi. 2019. Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Iklan Siswa Kelas VII SMP Negri 1 Wawotobi.Jurnal Bahasa, 4(2). 26-83.
Gerald Choon-Huat Koh , Hoon Eng Khoo., Mee Lian Wong., et.al. 2020. The effects of problem-based learning during medical school on physician competency: a systematic review. Canadian Medical Association Journal, 178 (1), 34-41.
Nafiah, Y. & Suyanto, W. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1), 1-10
Nugroho, I. A., Chotim, M., & Dwijanto. 2020. Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Unnes Journal Mathematics of Education, 2(1), 49-54.
Nurdjan, Sukirman. 2018. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Penerapan Pembelajaran Metode Diskusi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 7 (3), 125-137.
Rerung,N,.2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmia Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1),47-55.
Siregar, Purwanto . 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas X Semester Ii Sma Negeri 11 Medan t.p 2014/2015. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Malang, 2(1), 120-121.
Suana, I Nengah. 2020. Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dibantu Metode Presentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA peserta didik. Jurnal Santiaji Pendidikan. 10(2), 148-158.
Sulastri, dkk. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPS 155 di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 1-14.
Supriyati, Ika. 2020. Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada peserta didik Kelas VIII MTSN 4 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5 (1), 2302-2043.
Wadana, Putu. 2021. Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara peserta didik Kelas VIII 2 SMP Negeri 2 Banjar Semester Genap Tahun Pelajaran 2014 – 2015. Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, 4 (1), 1-12.
Wirkala, Ida. 2021. Problems it Effective and How Does it Achieve its Effects American Educational Research Jo-Based Learning in K–12. Education: Iurnal, 48(5), 1157–1186.
Zalia, Muspita . 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 1 Aikmel. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar,3(1), 112-116.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Putu Sugihartini, I Nengah Suandi, Ida Ayu Made Darmayanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)