ANALISIS KANAL BOOKTUBEID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS RESENSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.63869Kata Kunci:
kanal booktubeid, media pembelajaran, teks resensiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur teks resensi dalam video pada kanal BooktubeID, kaidah kebahasaan teks resensi dalam video pada kanal BooktubeID, dan relevansi video pada kanal BooktubeID dengan pembelajaran teks resensi. Subjek penelitian ini ialah lima video sampel kanal BooktubeID, sementara objek penelitian ini adalah unsur-unsur dan kaidah kebahasaan teks resensi yang terdapat dalam video sampel kanal BooktubeID serta relevansinya dengan pembelajaran teks resensi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode simak dengan teknik catat dan metode dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Kelima video sampel kanal BooktubeID memiliki unsur-unsur yang sama dengan unsur-unsur pembangun teks resensi, yaitu terdiri atas judul resensi, identitas buku, pendahuluan, isi resensi, dan penutup; (2) Kaidah kebahasaan teks resensi yaitu menggunakan konjungsi penerangan, konjungsi temporal, konjungsi kausalitas, pernyataan saran/rekomendasi, dan kata sifat juga ditemukan pada kelima video sampel kanal BooktubeID; dan (3) Video resensi pada kanal BooktubeID memiliki relevansi dengan silabus Kurikulum 2013 dan dapat memenuhi kriteria pemanfaatan media pembelajaran menurut Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran teks resensi di kelas XI.
Referensi
Anissa, Az Zahra. 2022. Analisis Sistematika Isi dan Kebahasaan Teks Resensi Dari Koran Digital Media Indonesia sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Resensi di Kelas XI (Penelitian Deskriptif Analitis terhadap Teks Resensi). Skripsi (tidak diterbitkan) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Dalman, H. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Djatmika. 2018. Mengenal Teks dan Cara Pembelajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hutagalung, O.J.R. (2021). Penggunaan Metode Peta Pikiran untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Resensi Novel. Jurnal of Education Action Research, 5(4), 489-495.
Kamhar, M.Y. dan Erma Lestari. 2019. Pemanfaatan Sosial Media Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. INTELIGENSI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.
Kanal BooktubeID. Dalam https://youtube.com/@BooktubeID (diakses pada 1 September – 31 Desember 2022).
Kosasih, E. 2014. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Kusumawati, Tri Indah. 2019. Numeralia dan Adjektiva dalam Bahasa Indonesia. NIZHAMIYAH, 9(1), 59-77.
Lina, Lea. 2021. Asyiknya Menulis Resensi. Jakarta: Penerbit PT Perca.
Marwoto. 2019. Mari Meresensi Buku. Semarang: ALPRIN.
Murahmanita, dkk. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas XI SMKS Ulumuddin Lhokseumawe. Jurnal Kande: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia, 1(1), 109-117.
Nur, Meilani, dkk. 2022. Pembelajaran Teks Resensi pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Pontianak Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(3), 1-8.
Permatasari, A.N., dkk. 2020. Makna BookTube bagi Para Pembaca Buku di Era Digital. Channel Jurnal Komunikasi, 9(2), 119-126.
Permatasari, A.N., dkk. 2021. Mediamorfosis Itu Bernama Booktube: Analisis Resepsi terhadap Penonton Booktube. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 55-67.
Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. 2016. Pemanfaatan Media Pembelajaran. Depok: Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.
Rahmawati, Halimah Nina, dkk. 2020. “Analisis Struktur Wacana dan Kesalahan Berbahasa Teks Ulasan Buku Fiksi Siswa Sekolah Menengah Atas”. BASASTRA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 143-152.
Saraswati, Ekarini. 2018. “Peran Youtube dalam Menunjang Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA”. Tersedia pada: https://repositori.kemdikbud.go.id/10447/ (diakses tanggal 16 Mei 2023).
Sari, E.P. dkk. 2020. Kiat Mudah Menulis Resensi. Bogor: Guepedia.
Sukarto, Kasno Atmo. 2017. “Konjungsi Bahasa Indonesia: Suatu Kajian”. Jurnal Pujangga, 3(1), 98-112.
Warsidi, Edi. 2021. Resensi Buku, Apa dan Bagaimana Tekniknya. Bekasi: Penerbit Mitra Utama.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ni Putu Liana Randika Diantari, I Nyoman Sudiana, Made Sri Indriani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)