PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X

Penulis

  • I Gusti Ayu Sinta Ardi Lestari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.64139

Kata Kunci:

menulis teks negosiasi, model pembelajaran kooperatif, creative problem solving

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X D SMAN 2 Negara, (2) mendeskripsikan faktor penghambat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X D SMAN 2 Negara, dan (3) mendeskripsikan hasil menulis teks negosiasi siswa kelas X D SMAN 2 Negara dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia, Ibu Putu Ayu Paramitha Wijaya dan siswa kelas X D SMA Negeri 2 Negara, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe creative problem solving dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru dalam menulis teks negosiasi meliputi pendahuluan inti ( tahap klarifikasi masalah, pengungkapan pendapat, evaluasi dan seleksi dan tahap implementasi)  dan penutup, (2) faktor penghambat yang dihadapi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CPS  pada pembelajaran menulis teks negosiasi menurut persepsi guru adalah motivasi siswa yang belum maksimal dalam pembelajaran, adanya perubahan kurikulum, heterogenitas siswa didalam kelas, terbatasnya fasilitas sekolah dan manajemen waktu yang belum maksimal. (3) rata-rata nilai menulis teks negosiasi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe creative problem solving adalah 97,14 dengan kategori sangat baik.

Referensi

Aziz, Z., & Prasetia, I. (2021). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Muhammadiyah University North Sumatra.

Kusumaningsih, Dewi., dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Nurjamal, Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memancu Acara (MC-Moderator) dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta

Aristyawati, Sukma. (2021). Penggunaan Metode Partisipatori pada Pembelajaran Daring dalam Menulis Teks Negosiasi di Kelas X AKL A SMK Negeri 1 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.

Cahyaningrum, G. R., & Rahmawati, E. (2020). Analisis Struktur Dan Kebahasaan Dalam Penulisan Teks Negosiasi Siswa Di Man 2 Boyolali (Doctoral dissertation, Iain Surakarta).

Darmayanti, I. A. M. (2014). Peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol 47: 2-3.

Emda, Amna. "Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran." Lantanida journal. Vol: 5, no. 2 (2018): 172-182.

Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), Vol 7(2), 337-348.

Hartiwi, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 21 Dumai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Kosasih, Engkos. (2016). Cerdas Berbahasa Indonesia Untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Laili, Maskhurotul. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Keluargaku pada Peserta Didik Kelas 1 SDN 129 Greses Surabaya. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Mauluddina, Luluk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS SD Negeri 2 Kalibening. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metero.

Nurahma, Ulfa. 2019. Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Skripsi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI.

Santi, A., Kurniawan, K., & Abidin, Y. (2022). Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi?. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 279-285).

Sasmita, E., & Darmansyah, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), Vol : 4(6), 5545-5549.

Satriani, S., & Wahyuddin, W. (2018). Implementasi model pembelajaran creative problem solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Vol:5 (1), 69-81.

Wendra, I Wayan. (2014). Penulisan Karya Ilmiah: Buku Ajar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widayanti, L., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing terhadap Hasil Belajar Menulis Cerita Fabel Pada peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, Vol : 9 (1).

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles