ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM TEKS BERITA: KAJIAN TATA BAHASA TAKSONOMI
ANALYSIS OF THE USE OF EFFECTIVE SENTENCES IN NEWS TEXTS: A GRAMMAR TAXONOMY STUDY
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.70458Kata Kunci:
kalimat efektif, tata bahasa Taksonomi, teks beritaAbstrak
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan kalimat efektif dalam teks berita yang dikaji dari tata bahasa Taksonomi dan kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa kelas XI.H SMA Negeri 1 Singaraja saat menyusun teks berita. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.H SMA Negeri 1 Singaraja. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian penting dilakukan karena siswa cenderung tidak mengaplikasikan kaidah kebahasaan dalam menyusun kalimat efektif saat menulis teks berita. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan kalimat efektif dalam teks berita siswa kelas XI.H SMA Negeri 1 Singaraja yang dikaji dari tata bahasa Taksonomi itu ada pada tataran morfologi dan sintaksis yang dikaji berdasarkan identifikasi, klasifikasi, dan penamaan. Kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa adalah masih bingung dengan penyusunan kalimat efektif, terutama masalah penggunaan ciri-ciri atau aspek-aspek kalimat efektif dalam menulis teks berita; menulis teks berita memerlukan waktu yang lumayan lama, terlebih, harus menyimak dengan baik materi yang ditayangkan oleh guru agar dapat menyusun teks berita dengan benar; serta harus memahami dengan baik konsep kalimat efektif dan kaidah kebahasaan yang ada saat menulis teks berita.
Referensi
Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Adi Prabawa. 2023. Taksonomi Kategori Linguistik. https://www.academia.edu/9605750/Taksonomi_Kategori_Linguistik_Kesalahan_Tata_Kalimat_Dari_Segi_Taksonomi_Linguistik.
Alwasilah, A. Chaedar. 2005. Pengantar Penelitian: Linguistik Terapan. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.
Anggraini, S. W. P., & Lume, L. 2021. “The Effectiveness of Using Chronological Paragraph Strategy Toward Student’s Writing Skill”. Journal of Languages and Language Teaching, 9 (1), 77.
Anita Firdaus. 2023. “Analisis Kesalahan Penulisan Teks Berita pada Siswa Kelas VI SD Negeri 04 Wedung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyadi, Ade Dufadhol dan Asep Purwo Yudi Utomo. 2020. “Analisis Kesalahan Sintaksis pada Teks Berita Daring Berjudul Mencari Etika Elite Politik di saat Covid-19”. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8 (3), 138-145.
Atikah. 2020. “Kesalahan Berbahasa Indonesia di Ruang Publik Kota Cirebon Berdasarkan Kaidah Ejaan dan Taksonomi Kategori Linguistik”. Prosiding Seminar Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS). https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks.
A‟yuni, Nia. 2015. “Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Skripsi Mahasiswa PBSI IKIP PGRI Madiun Tahun Akademik 2013/2014”. Widyabastra, 3(2): 1-38.
Ayu Novita Sari, Dwi Rohman Soleh, Eni Winarsih. 2022. “Analisis Kesalahan Berbahasa Taksonomi Linguistik pada Media Luar Ruang Tema Covid-19 Wilayah Madiun”. Widyabastra. Volume 10, Nomor 2.
Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Drani, A., Adisaputera, A., & Wuriyani, E. P. 2021. “Effectiveness of Using Folklore TextBased Learning Media Literacy in Class X Students of MAN Tg. Pura”. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 377-391.
Endah Cahyaningsih dan Gallant Karunia Assidik. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita”. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3 (1), 1-7.
Ghufron, Syamsul. 2015. Kesalahan Berbahasa Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Gusrita, T. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Peserta didik MAN 1 Sarolangun”. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 103-110.
Harianja, Rolina Santi, Trisnawati Hutagalung. 2017. “Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Taksonomi Kategori Linguistik pada Penyusunan Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Jurnal Unimed. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/download/8190/6833.
Helaluddin, & Awalludin. 2020. Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani.
Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. 2020. Qualitative Research Methods. Sage Publications Limited. Thousand Oaks.
Hikmat, D. H. M. M. 2018. Jurnalistik Literary Journalism. Jakarta: Prenadamedia Group.
Jufrizal. 2007. “Tipologi Gramatikal Bahasa Minangkabau”. Disertasi. Program Doktor (S3) Linguistik, Universitas Udayana, Denpasar.
Leech, G. 1981. “Semantics The Study of Meaning”. (Second ed.). Penguin Books.
Kunni Jaelani & Andi Rannu. 2019. Teknik Mencari dan Menulis Berita. Gowa: Jariah Publishing Intermedia.
Mega Listika, Susetyo, dan Nafri Yanti. 2019. “Penggunaan Kalimat Efektif pada Artikel Open Journal System (OJS) Korpus”. Jurnal Ilmiah Korpus, 3 (2), 183-190.
Neng Tika Harnia, Ferina Meliasanti, dan Hendra Setiawan. 2021. “Analisis Framing Berita Perundungan pada Media Online Detik.com dan Tribunnews.com sebagai Bahan Ajar Teks Berita di SMP”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 3145-3153.
Nurul Maulida Alwi. 2021. “Sosialisasi Teknik Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah untuk Mengembangkan Keterampilan Menulis Peserta Didik”. ALKHIDMAT: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4 (2), 113-120.
Oktaria, Dinari., Andayani, Saddhono, Kundaru. 2017. “Penguasaan Kalimat Efektif sebagai Kunci Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi”. Jurnal Metalingua, 15 (2), 165-177.
Parhan dan Ghufron Maksum. 2022. “Taksonomi Linguistik, Analisis Kesalahan Bahasa dalam Pembelajaran Insya”. Ta’limi: Journal of Arabic Education & Arabic Studies, Vol. 1, No. 2.
Pateda. 2010. Semantik Leksikal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rachmat Erwan. 2019. Jelajahi Bahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII. Malang: Penerbit Duta.
Ramlan. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.
Ramlan. 2009. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.
Rijal Fadli, Muhammad. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif”. Humanika, 21 (1), 33-54.
Rizal. 2022. “Jenis, Fungsi, dan Ciri-ciri Kalimat Efektif”. https://wargamasyarakat.org/%E2%88%9A-jenis-fungsi-dan-ciri-ciri-kalimat efektif/.
Romli, Asep Syamsul M. 2016. Jurnalistik Praktif untu Pemula (Edisi Revisi).Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sarmanu. 2017. Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Statistik. Surabaya: Airlangga University Press.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Siti Habsari Pratiwi. 2017. “Taksonomi Linguistik: Kajian Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Keterampilan Menulis Kalimat Siswa BIPA Pemula di Medan”. Semdi Unaya, 20-27.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumardi, A., Susanto, A., & Yulianti, S. 2020. “Pengaruh Media Buku Saku untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kelas X MAN 4 Jakarta”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-10.
Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Syam Hamdani, M. dkk. 2021. Book Series Jurnalisme Kontemporer: Etika dan Bisnis dalam Jurnalisme. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Tarigan. 1988. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim penyusun KBBI. 2023. KBBI online. https://kbbi.web.id/taksonomi.
Yogan Dewi, Ida Ayu Novita dan Irwan Biru. 2022. Penyimpangan Taksonomi Kategori Linguistik pada Surat Lamaran Kerja Mahasiswa Universitas Dwijendra”. Widyasrama, Majalah Ilmiah Universitas Dwijendra Denpasar, ISSN No. 0852-7768 Desember 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ida Ayu Made Darmayanti, Putu Andyka Putra Gotama, Kanisius Kami, Sukrin, I Nengah Suandi, Ida Bagus Putrayasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)