REPRESENTASI BAHASA PEREMPUAN DALAM MEDIA DARING TRIBUN TIMUR.COM DAN KOMPAS.COM (TINJAUAN WACANA KRITIS SARA MILLS)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.79010Kata Kunci:
bahasa perempuan, wacana kritis, media daringAbstrak
Perempuan memiliki beragam bahasa yang ditampilkan dalam media daring. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Penelitian memiliki dua tujuan, yakni (1) mengungkap posisi subjek-objek, (2) mengungkap posisi objek-subjek pada media darin Tribun Timur.com dan Kompas.com. Fokus penelitian ini ada dua, yakni (1) berdasar pada posisi subjek-objek, (2) berdasar pada posisi objek-subjek dalam media daring Tribun Timur.com dan Kompas.com. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Sara Mills. Sumber data dari penelitian ini ialah teks berita berupa kata,frasa dan kalimat dalam media daring Tribun Timur.com dan Kompas.com. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dengan teknik identifikasi, klasifikasi, analisis, penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kalimat aktif yang mendominasi posisi subjek-objek berupa kalimat aktif, struktur makro, kalimat relasional, kalimat ekspresif, kata tugas, dan kalimat eksperensial. Posisi objek-subjek berupa kalimat pasif, struktur makro, kalimat relasional, kalimat ekspresif, kata tugas dan kalimat eksperensial pada teks berita media daring Tribun Timur.com dan Kompas.com. kontribusi penelitian terhadap guru dapat menjadikan bahan ajar dalam teks berita, terhadap masyarakat dapat menjadi acuan bahasa yang digunakan ketika menjadi narasumber. Penelitian kedepan dapat menjadi aspek bahasa terhadap semua penelitian khususnya wacana kritis.
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Angela, N., Rasyid, Y., & Anwar, M. (2023). Perempuan Korupsi Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(1), 129–138.
Aprilianti, A., Fadillah, F., & Salma, A. (2024). Penggunaan Bahasa Indonesia Baku di Kalangan Mahasiswa Pada Base Twitter Colle. Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(1), 10–16. https://doi.org/10.60155/jbs.v11i1.377
Arum, N., Nur, S., Septian, R. N., & Herlambang, Y. T. (2024). Sosial Media dalam Masyarakat sebagai Konsep Nyata Determinisme Teknologi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 1(2), 73–80.
Asropah, A. (2023). Metafora Konseptual Seputar Berita “Eril Mumtadz. Sasindo, 11(1), 198–203. https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16074
Azis, A., Juanda, J., & Korompot, C. A. (2023). Adjectival Retention: Persuasive Texts Students Universitas Negeri Makassar. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 10(2), 174–188. https://doi.org/10.30605/25409190.596
Azzahra, S. S., Riyanto, E. D., Afdholy, N., & Salsabila, N. S. (2024). Child Rape Cases in News Text: Sara Mills’ Critical Discourse Analysis. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 454–467. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i2.11971
Budi, I. S., Al Hidayah, I. H., & Dia, E. E. (2024). Analisis Wacana Feminisme dalam Teks Berita Online Fimela. Com. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5577-5581.
Chaer, A. (2011). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.
Eriyanto. (2008). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT. LkiS Printing Cemerlang.
Eriyanto. (2009). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT. LkiS Printing Cemerlang.
Fatonah, A. A., & Handayani, W. R. (2024). Representasi Girl Power pada Lagu “Tally” oleh Blackpink. Semiotika: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik, 25(1), 38-50.
Hikmawati, N., & Salsabila, E. Z. (2024). Peran Perempuan Dalam Membangun Pemerintahan Desa Ciseeng. Jurnal Relasi Publik, 2(1), 166-175.
Jamil, R., & Burhanuddin, D. (2024). Peran Pemilih Muda dalam Kontestasi Pemilihan Umum di Indonesia: Analisis Norman Fairclough. Journal of Education Research, 5(1), 95–105.
Juanda, & Azis. (2018). Pendidikan Lingkungan Siswa SMA dalam Cerpen Koran Kompas : Pendekatan Ekokritik. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M), 2018(3), 348–352.
Juanda, J. (2019). Gender Phenomenon in Short Story by Fanny J. Poyk in Media on Line, Indonesia. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 8(2), 135. https://doi.org/10.15548/jk.v8i2.216
Lestari, D., & Umam, N. K. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah 01 Modern Paciran. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1272-1280.
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2). https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86
Noor Ahsin, M., & Warsi Nugraheni, M. (2022). Analisis Sara Mills dalam Pemberitaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Riau Pada Berita CNNindonesia.com. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 119–135. https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.11
Nurbaity, N., Noviyanti, R., & Handayani, Y. (2024). Analisis Wacana Kritis (AWK) terhadap Teks Sejarah Dalam Artikel “Tahanan Politik Wanita di Plantungan. Innovative: Journal Of Social, 4, 1958–1971. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8119
Putri, Y. A., Rumilah, S., & Abrian, R. (2024). Wacana Pemberitaan Agnes Gracia dalam Kasus Mario Dandy: Perempuan dalam Pusaran Kasus Kekerasan pada Portal Berita Daring Tribunnews. com. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 7(1), 1-9.
Rusmini, R., & Samsu, S. (2023). Teacher’s Leadership n Developing Character of Early Childhood: Case Study at Harapan Bunda Kindergarten, Jambi City. Al-Ta Lim Journal, 9 (1), 1–9. https://doi.org/10.15548/jt.v30i1.813
Smith, K. (2013). Critical discourse analysis and higher education research. In Theory and method in higher education research (Vol. 9, pp. 61-79). Emerald Group Publishing Limited.
Solihah, A. M., & Candrasari, Y. (2023). Wacana Perempuan Dalam Teks Berita Kasus Kekerasan Seksual Anak di Portal Berita Grid.Id Periode Agustus 2020. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.3269
Sulistiawan, M. J., Afriliana, V. A., & Baehaqie, I. (2024). Analisis Wacana Kritis Model Van Djik Pada Sambutan Joko Widodo pada Pembukaan Kongres XXIII PGRI Tahun 2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1683-1693.
Tunliu, J., Andung, P., & Nara, M. (2023). Konstruksi Realitas Simbolik Melalui Youtube ( Analisis Tema Fantasi Pada Channel Pita ’ s Life ) Construction of Symbolic Reality Through Youtube ( Analysis of Fantasy Themes on the Pita ’ s Life Channel ) YouTube Channel yang dibuat oleh YouTuber Maluku. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 122–131. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i1.4560
Wahyuni, W., Jufri, J., & Azis, A. (2024). Analisis Representasi Aktor Perempuan dalam Berita Media Daring: Pendekatan Eksklusi Berdasarkan Model Theo van Leeuwen. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1593-1605.
Wardani, S. J., Nurhadi, J., & Sudana, U. (2024). Stereotip Gender dalam Penggambaran Karakter Utama Perempuan Pada Episode Pertama Serial Netflix Gadis Kretek. Jurnal Darma Agung, 32(1), 195-212.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sri Wahyuni M., Jufri, Johar Amir
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)