PENERAPAN MODEL FIELD TRIP BERBANTUAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
APPLICATION OF FIELD TRIP MODEL ASSISTED BY BOOKLET TO IMPROVE THE ABILITY TO WRITING OBSERVATION REPORT TEXTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.80978Kata Kunci:
booklet, menulis, model field tripAbstrak
Kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi belum optimal, sehingga diterapkan model field trip berbantuan booklet sebagai solusi alternatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan model tersebut, kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi, dan respons siswa terhadap penerapannya. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas X-F SMA Negeri 2 Semarapura tahun pelajaran 2023/2024 semester ganjil. Data dikumpulkan melalui observasi, penugasan, tes, dan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model field trip berbantuan booklet dapat dilakukan dalam dua pertemuan. Pertemuan pertama meliputi empat langkah: persiapan, pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup. Pertemuan kedua melibatkan tiga langkah: pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup. Setelah penerapan, kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi meningkat. Respons siswa terhadap model ini tergolong “sangat positif.” Kesimpulannya, model field trip berbantuan booklet efektif digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, baik oleh guru dalam pembelajaran rutin maupun calon guru saat praktik mengajar
Referensi
Arikunto, Suharsini dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsini. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fatoni, Abdurrahman. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan. (2022). Penerapan Metode Field Trip dalam Menulis Puisi Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 27-33. http://journal. ainarapress.org/index.php/jiepp/article/view/135/158
Hasanah, Uswatun dan Herlina Fitrihidajati. (2020). Pengembangan Booklet Berbasis Scientific Literacy Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X SMA. Bioedu, 9(3), 498-505. https://ejournal. unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36777/32608
Idaman, Sari. (2022). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(1), 29-34. http://journal.unigha.ac.id /index.php/JSH/article/view/629/610
Inayati dkk. (2022). Penerapan Metode Field Trip melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 1-13. https://repository.umsurabaya.ac.id/6465/1/Artikel%20Penerapan%20Metode%20Field%20Trip.pdf
Julaeha, Siti. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Field Trip untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(2), 310-323. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index. php/JPG/article/view/355/326
Kemendikbudristek. (2021a). Buku Panduan Guru Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia: SMA/SMK kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kemendikbudristek. (2021b). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia: SMA/SMK kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A-Fase F untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTS/ Program Paket B, SMA/MA/SMK/MAK Program Paket C. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Mujahidah, Rofikoh dkk., (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Menggunakan Edmodo sebagai Platform Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 178-185. https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/18278
Narbuko, Cholid dkk. (1997). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nirwana dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Metode Field Trip Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Darul Imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1-14. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/1013/528
Nurgiyantoro, Burhan. (1987). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.
Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (MixedMethodts). Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Puspitaningrum dkk. (2017). Pengaruh Media Booklet terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Terkait Kebersihan dalam Menstruasi di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak Triwulan II Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 274-281. https: //ejournal3.undip.ac.id/index.php /jkm/article/view/183
Ulandari, Titin dan S. Syamsurizal. (2021). Booklet Suplemen Bahan Ajar pada Materi Protista untuk Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 301-307. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/37688/19340
Wendra, I Wayan. (2021). Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposaln Penelitian, Skripsi dan Artikel). Singaraja: Undiksha.
Widayati, Mukti dkk. (2019). Hubungan Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca Berita dengan Kemampuan Menulis Berita di Media blog pada siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 28(3), 273-280. http://journal.univetbantara. ac.id/index.php/jp/article/view/488
Widodo, Muh. (2019). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V-B MIN Wonosari Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 35-47. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/41
Wisudariani, Ni Made Rai. (2023). The Practicality and Effectiveness of Poetry Text Learning Kit in E-Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 1-9. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i1.43770
Wisudariani, Ni Made Rai Wisudariani. (2024). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Medan: Mifandi Mandiri Digital. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=gtwKvOAAAAAJ&pagesize=80&sortby=pubdate&citation_for_view=gtwKvOAAAAAJ:fEOibwPWpKIC
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sang Ketut Puja Adinugraha, I Made Sutama, I Nengah Martha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)