PENGGUNAAN MEDIA AKUN TIKTOK LISTATSURAYYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR
USING THE MEDIA OF THE TIKTOK ACCOUNT OF LISTATSURAYYA TO IMPROVE THE ABILITY OF WRITING PROCEDURE TEXTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.85662Kata Kunci:
media pembelajaran, Akun TikTok Listatsuraya, teks prosedurAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media akun TikTok Listatsurayya untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dan respons siswa dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas Vll 3 SMP Negeri 2 Singaraja dan guru Bahasa Indonesia di kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun tiktok Listatsurayya dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di kelas VII 3 SMP Negeri 2 Singaraja, penggunaan media akun TikTok Listatsurayya terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII 3 SMP Negeri 2 Singaraja, dan respons siswa terhadap penggunaan TikTok Listatsurayya menunjukkan peningkatan dalam menulis teks prosedur. Sebelum tindakan, nilai rata-rata siswa adalah 69 (cukup). Namun, setelah tindakan dilakukan nilai rata-rata pada siklus 1 meningkat menjadi 72,65 (cukup) dan pada siklus dan pada siklus II meningkat menjadi 83,62 (baik). Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 10,97%. Respon siswa pada siklus I, rata-rata skor siswa 34,28 kategori positif, siklus II naik menjadi 34,5 dalam kategori positif
Referensi
Aji, Wisnu, dkk. 2020. Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Keteampilan Bersastra. Jurnal Metafora, 6(2), 147-157.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dakhliah, Sitti. 2019. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM, 3(1),767-782.
Arsyad, Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dardjowidjojo, Soedjono. 2003. Psikolingustik Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor . Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Ikhsan, Muhammad, dkk. 2022. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin. Jurnal TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 4(1), 13-18.
Kusumah, Airlangga, dkk. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 949-966.
Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press.
Modundo, Ivanda, dkk. 2022. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Berbasis Daring Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Dumoga. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni, 2(4), 1305-1312.
Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Priyanti, Endah Tri (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa.
Riyandi, A. D. (2019). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2019.
Susilo, Lana Anggita Oktaviera, & Reyyaldi Yuda Ismail. Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur Kelas VII SMP. Jurnal Prosiiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. 1(1).
Sukiman. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Soraya, Rana, dkk. 2020. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII A SMP Negeri Banjarmasin. Jurnal LOCANA: Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PS-PBSI JPBS FKIP ULM, 3(2), 53-62.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa CV.
Utami. Widya. 2024. Analisis Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Teks Drama. Jurnal JPPB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 223-231.
Wendra, I Wayan. (2021). Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia .
Zhayoga, I. & Listyarini, I. (2020). Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 3(1), 3–5.
Wardhani, Dyah. 2024. Pemanfaatan Akun Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bapala, 11(2), 269-278.
Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam komunikasi pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9–19.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Grecia Piorentina Br Sembiring, I Wayan Rasna, I Nengah Martha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)