PENGGUNAAN MEDIA AKUN TIKTOK LISTATSURAYYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR

USING THE MEDIA OF THE TIKTOK ACCOUNT OF LISTATSURAYYA TO IMPROVE THE ABILITY OF WRITING PROCEDURE TEXTS

Penulis

  • Grecia Piorentina Br Sembiring Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Rasna Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Martha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.85662

Kata Kunci:

media pembelajaran, Akun TikTok Listatsuraya, teks prosedur

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media akun TikTok Listatsurayya untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dan respons siswa dalam pembelajaran.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas Vll 3 SMP Negeri 2 Singaraja dan guru Bahasa Indonesia di kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun tiktok Listatsurayya dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di kelas VII 3 SMP Negeri 2 Singaraja, penggunaan media akun TikTok Listatsurayya terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII 3 SMP Negeri 2 Singaraja, dan respons siswa terhadap penggunaan TikTok Listatsurayya menunjukkan peningkatan dalam menulis teks prosedur. Sebelum tindakan, nilai rata-rata siswa adalah 69 (cukup). Namun, setelah tindakan dilakukan nilai rata-rata pada siklus 1 meningkat menjadi 72,65 (cukup) dan pada siklus dan pada siklus II meningkat menjadi 83,62 (baik). Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 10,97%. Respon siswa pada siklus I, rata-rata skor siswa 34,28 kategori positif, siklus II naik menjadi 34,5 dalam kategori positif

Referensi

Aji, Wisnu, dkk. 2020. Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Keteampilan Bersastra. Jurnal Metafora, 6(2), 147-157.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dakhliah, Sitti. 2019. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM, 3(1),767-782.

Arsyad, Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dardjowidjojo, Soedjono. 2003. Psikolingustik Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor . Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Ikhsan, Muhammad, dkk. 2022. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin. Jurnal TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 4(1), 13-18.

Kusumah, Airlangga, dkk. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 949-966.

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press.

Modundo, Ivanda, dkk. 2022. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Berbasis Daring Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Dumoga. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni, 2(4), 1305-1312.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Priyanti, Endah Tri (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa.

Riyandi, A. D. (2019). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2019.

Susilo, Lana Anggita Oktaviera, & Reyyaldi Yuda Ismail. Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur Kelas VII SMP. Jurnal Prosiiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. 1(1).

Sukiman. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Soraya, Rana, dkk. 2020. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII A SMP Negeri Banjarmasin. Jurnal LOCANA: Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PS-PBSI JPBS FKIP ULM, 3(2), 53-62.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa CV.

Utami. Widya. 2024. Analisis Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Teks Drama. Jurnal JPPB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 223-231.

Wendra, I Wayan. (2021). Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia .

Zhayoga, I. & Listyarini, I. (2020). Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 3(1), 3–5.

Wardhani, Dyah. 2024. Pemanfaatan Akun Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bapala, 11(2), 269-278.

Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam komunikasi pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9–19.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles