PEMANFAATAN VIDEO KARTUN ANIMASI BANG ONE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS OPINI SISWA KELAS XI IPB 1 DI SMA NEGERI 1 UBUD

Penulis

  • Wayan Suarjaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.987

Abstrak

PEMANFAATAN VIDEO KARTUN ANIMASI BANG ONE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS OPINI SISWA KELAS XI IPB 1 DI SMA NEGERI 1 UBUD

oleh

I Wayan Suarjaya, NIM 0912011061

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah dalam pembelajaran menulis opini dengan pemanfaatan video kartun animasi Bang One di kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Ubud, (2) mendeskripsikan dapat atau tidaknya pemanfaatan video kartun animasi Bang One meningkatkan keterampilan menulis opini siswa kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Ubud, dan (3) mendeskripsikan respons siswa dalam pembelajaran menulis opini dengan pemanfaatan video kartun animasi Bang One di kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Ubud. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Ubud, sedangkan objeknya adalah langkah-langkah dan respons siswa dalam penggunaan video kartun animasi Bang One sebagai media pembelajaran, hasil belajar menulis opini siswa kelas XI IPB 1 di SMA Negeri 1 Ubud. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode kuesioner, dan metode wawancara. Data-data dari tes dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, data dari observasi dianalisis secara kualitatif, serta data dari kuesioner dan wawancara dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada 19 langkah yang dapat ditempuh dalam pemanfaatan video kartun animasi Bang One untuk meningkatkan kemampuan menulis opini siswa, (2) pemanfaatan video kartun animasi Bang One dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis opini. Hal ini ditandai oleh peningkatan perolehan skor rata-rata siswa. Sebelum diberikan tindakan skor rata-rata siswa yaitu 74, setelah pelaksanaan tindakan siklus I meningkat menjadi 81,5, dan pada siklus II menjadi 86,7, dan (3) Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran pemanfaatan video kartun animasi Bang One untuk meningkatkan kemampuan menulis opini siswa.

Kata kunci: video kartun animasi Bang One, menulis opini

Diterbitkan

2013-05-25

Terbitan

Bagian

Articles