PENALARAN SISWA KELAS X4 SMA NEGERI 4 SINGARAJA KETIKA MEMBERIKAN TANGGAPAN TERHADAP WACANA KONTROVERSI PADA RUBRIK OPINI HARIAN KOMPAS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i6.988Abstrak
PENALARAN SISWA KELAS X4 SMA NEGERI 4 SINGARAJA KETIKA MEMBERIKAN TANGGAPAN TERHADAP WACANA KONTROVERSI PADA RUBRIK OPINI HARIAN KOMPAS
oleh
Ni Kadek Ayu Putri Widhiantari, NIM 0912011075
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pola pengembangan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, (2) kelogisan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, dan (3) upaya-upaya guru mengarahkan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja dan guru yang mengajarkan Bahasa Indonesia di kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja. Objek penelitian ini adalah (1) pola pengembangan penalaran siswa ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, (2) kelogisan penalaran siswa ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, dan (3) upaya-upaya guru mengarahkan penalaran siswa ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) pola pengembangan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, yang berjudul “Masih Perlukah Ujian Nasional?”, meliputi pola induktif dan pola deduktif, (2) kelogisan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas bervariasi, ada yang logis dan ada yang tidak logis, dan (3) upaya-upaya guru mengarahkan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas yaitu menentukan topik yang tepat, memilih media yang menunjang pembelajaran, menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, memberikan contoh penalaran yang baik, dan memperbaiki penalaran siswa yang keliru atau salah. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian sejenis yang lebih luas dan mendalam mengenai penalaran siswa yang lain.
Kata kunci: penalaran, tanggapan, wacana kontroversi, Kompas
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)