IDENTIFIKASI EFISIENSI SALURAN DISTRIBUSI PEMASARAN KOPI BUBUK PADA PERUSAHAAN MUTIARA

Authors

  • NI LUH GEDE SUPERMINI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v3i1.1241

Abstract

AbstractPenelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai pola salurandistribusi, tingkat efisiensi saluran distribusi, dan saluran yang paling efisien dalampemasaran Kopi Bubuk pada Perusahaan Mutiara. Penelitian ini menggunakan desainpenelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah produsen, pedagang besar, pengecer,produsen dan objeknya adalah efisiensi saluran distribusi pemasaran. Data dikumpuldengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi serta dianalisissecara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa (1) ada tiga pola saluran distribusi pemasaranyang diterapkan, yaitu saluran pola (a) I (produsen – konsumen), (b) II (produsen –pengecer – konsumen) dan (c) III (produsen – pedagang besar – pengecer – konsumen); (2)tingkat efisiensi saluran distribusi pemasaran pola I berada pada kategori sangat efisien,sedangkan pola II berada pada kategori efisien dan III berada pada kategori kurang efisien,dan (3) saluran yang paling efisien adalah saluran pola I (produsen – konsumen).Kata Kunci: efisiensi saluran distribusi pemasaran

Downloads

Published

2013-08-19

Issue

Section

Articles