HUBUNGAN KONDISI EKONOMI DAN PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN DENGAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.1893Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya: hubungan antara kondisi ekonomi dengan partisipasi belajar siswa sekolah dasar, hubungan antara persepsi orang tua terhadap pendidikan dengan partisipasi belajar siswa sekolah dasar, hubungan antara kondisi ekonomi dan persepsi orang tua terhadap pendidikan dengan partisipasi belajar siswa sekolah dasar. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar yang berasal dari Dusun Banjar Anyar Desa Sambangan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kondisi ekonomi, persepsi orang tua terhadap pendidikan dan partisipasi belajar siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, angket/ kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kondisi ekonomi dengan partisipasi belajar siswa sekolah dasar sebesar 0,636, terdapat hubungan antara persepsi orang tua terhadap pendidikan dengan partisipasi belajar siswa sekolah dasar sebesar 0,621 dan terdapat hubungan antara kondisi ekonomi dan persepsi orang tua terhadap pendidikan dengan partisipasi belajar siswa sekolah dasar yaitu 0,578.Kata Kunci : Ekonomi, Persepsi, Partisipasi Belajar
This study aimed to determine: the magnitude of the relationship between economic conditions with the students' participation of elementary school, the relationship between parents 'perceptions of the education with students' participation of elementary school, the relationship between economic conditions and perceptions parents towards education with student' participation of elementary school. The subjects were elementary school students from hamlet of Dusun Banjar Anyar Desa Sambangan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, the while object in this research is economic conditions, Perceptions of Parents on Education, and Students Participation of Elementary School. This method using the documentation, questionnaire/ questionnaires, interviews and observation. The data was analyzed by associative analysis quantitative approach. Results showed there was a relationship between economic conditions with the students' participation of elementary school learning of 0.636, there was a relationship between parents' perceptions of the students' education with primary school enrollment of 0,621 and there was a relationship between economic conditions and perceptions of parents towards education with students' participation of elementary school 0.578.
keyword : Economic, Perceptions, Participation of Elementary
Published
2014-01-02
Issue
Section
Articles