STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG AKTIF DAN TIDAK AKTIF DALAM ORGANSASI KEMAHASISWAAN FEB UNDIKSHA

Authors

  • I Wayan Oka Meinarta .
  • Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .
  • Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.1895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prestasi belajar mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan, (2) mengetahui prestasi belajar mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan. (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatiif dengan metode komparatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiksha Singaraja angkatan 2011 dan 2012 dengan sampel 258 mahasiswa yang terdiri atas 129 mahasiswa aktif dan 129 mahasiswa tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan, sedangkan objek penelitian adalah prestasi belajar mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Independent-Sample T-Test yang diolah dengan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rata-rata nilai prestasi belajar mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan sebesar 3,26. tergolong dalam kategori sangat baik (2) rata-rata nilai prestasi belajar mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan sebesar 2,88 tergolong dalam kategori baik (3) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiksha, dengan perolehan thitung > ttabel (8,974 > 1,969)
Kata Kunci : prestasi belajar, mahasiswa aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan

The research was aimed to (1) determine the achievement of students who are active in student organizations, (2) determine the achievement of students who are not active in student organizations. (3) determine differences in academic achievement between students who are active and inactive in student organizations. This study used the quantitative approach with comparative method. Subjects of this study were active and non active students in student organisation in the Faculty of Economics and Business of Undiksha class 2011 and 2012 with sample of study were 258 students consisting of 129 active students and 129 inactive students in student organisation, while the object of the study were the achievement of students who are active and inactive in student organizations. The data were collected using documentation and interview method. The analytical method used int his study was analysis of Independent-Sample T-Test that was processed using SPSS 17.0 for windows. The results showed that (1) the average value of the achievement of students who are active in student organizations was 3.26 wich was classified into excellent category, (2) the average value of the achievement of students who are inactive in student organizations was 2,88 which was classified into either category, (3) there is a significant difference in the achievement of students who are active and inactive in student organizations at the Faculty of Economics and Business Undiksha, with the acquisition of tvalue > ttable (8.974 > 1.969).
keyword : achievement, active and inactive students in student organizations

Published

2014-01-02

Issue

Section

Articles