IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Kadek Sandi Arsana .
  • Drs. I Ketut Dunia, M.Erg. .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.1897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pembelajaran akuntansi oleh guru akuntansi di SMK N 1 Singaraja dilihat dari aspek, (1) perencanaan pembelajaran akuntansi, (2) pelaksanaan pembelajaran akuntansi, (3) evaluasi pembelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan model deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru akuntansi dan objeknya adalah implementasi KTSP pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran akuntansi. Data dikumpul dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif berdasarkan metode analisis interaksi menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaaan pembelajaran akuntansi oleh guru akuntansi di SMK N 1 Singaraja diperoleh 60% guru akuntansi sudah mengacu pada Permendiknas No 41 Tahun 2007, (2) pelaksanaan pembelajaran akuntansi oleh guru akuntansi di SMK N 1 Singaraja diperoleh 75% guru akuntansi sudah mengacu pada Permendiknas No 41 Tahun 2007, (3) evaluasi pembelajaran akuntansi oleh guru akuntansi di SMK N 1 Singaraja diperoleh 60% guru akuntansi sudah mengacu pada Permendiknas No 41 Tahun 2007.
Kata Kunci : implementasi, KTSP, pembelajaran, akuntansi

This study is aimed to obtain descriptive findings on the implementation of KTSP learning accounting by accounting teachers in SMK N 1 Singaraja views of aspects, (1) learning plan accounting, (2) learning accounting implementation, (3) evaluation of learning accounting. This study used a descriptive model with a qualitative approach. Subjects were accounting teachers and the object is the implementation of KTSP on aspects of planning, implementation and evaluation of learning accounting. Data were collected using interviews, observation and documentation. Data were analyzed with descriptive analysis based methods of interaction analysis by Miles and Huberman. Results show that (1) planning of learning accounting by accounting teachers at SMK N 1 Singaraja obtained 60% of accounting teachers have referred to the Permendiknas No 41 Tahun 2007, (2) implementation of learning accounting by accounting teachers at SMK N 1 Singaraja obtained 75% of accounting teachers have referred to the Permendiknas No 41 Tahun 2007, (3) evaluation of learning accounting by accounting teachers at SMK N 1 Singaraja obtained 60% of accounting teachers have referred to the Permendiknas No 41 Tahun 2007.
keyword : implementation, KTSP, learning, accountancy

Published

2014-01-02

Issue

Section

Articles