PENGARUH HARGA JUAL DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN KARTU IM3 PADA PT. MELIANA PERKASA SEJAHTERA DI KABUPATEN KARANGASEM TAHUN 2013-2016

Authors

  • Ni Putu Sukmantari Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) harga jual terhadap volume penjualan, (2) pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan, dan (3) pengaruh harga jual dan biaya promosi terhadap volume penjualan kartu im3. Penelitian ini adalah jenis penelitian kausal. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Subjek penelitian adalah PT. Meliana Perkasa Sejahtera dan objek penelitian adalah harga jual, biaya promosi, dan volume penjualan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dengan variabel dummy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh harga jual terhadap volume penjualan kartu im3. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 2,344> ttabel 1,6838 atau p-value = 0,000 < α = 0,05. (2) Tidak Ada pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 1,084< ttabel 1,6838 atau p-value = 0,284> α = 0,05. dan (3) Ada pengaruh harga jual dan biaya promosi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dapat dilihat dari nilai fhitung 3,890>Ftabel 1,92 dan p-value<α atau 0.000<α =0,05.

Downloads

Published

2017-06-15

Issue

Section

Articles