FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT DESA CANDIKUNING MENJADI NASABAH PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA

Authors

  • Ni Ketut Oni Widarianti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19991

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi Masyarakat Desa Candikuning menjadi Nasabah PT. Sun Life Financial Indonesia dan (2) faktor yang paling dominan mempengaruhi masyarakat Desa Candikuning menjadi Nasabah PT. Sun Life Financial Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian faktorial. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang masyarakat Desa Candikuning yang menjadi Nasabah PT Sun Life Financial Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Program Social Scence (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 4 faktor yang mempengaruhi masyarakat Desa menjadi nasabah PT Sun Life Financial Indonesia yaitu budaya, sosial, pribadi, psikologi. Besarnya variance explained masing-masing faktor tersebut secara berturut-turut, yaitu budaya sebesar 63,915%, sosial sebesar 14,756%, pribadi sebesar 13,588%, dan psikologi sebesar 4,626%. (2) faktor budaya menjadi faktor yang paling dominan yang memiliki variance explained tertinggi, yaitu sebesar 63,915%, artinya total nilai variance explained dari faktor budaya mampu menjelaskan masyarakat Desa Candikuning yang menjadi Nasabah PT Sun Life Financial Indonesia.

Downloads

Published

2017-06-09

Issue

Section

Articles