PENGARUH LITERASI EKONOMI, KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF UNTUK PRODUK FASHION DI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNDIKSHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19994Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial maupun simultan literasi ekonomi, kelompok teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion di online shop pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 156 orang dengan jumlah sampel 61 orang dan diambil dengan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan „t test”, “F test” dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) literasi ekonomi berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion sebesar 11.442, (2) kelompok teman sebaya berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion sebesar 2,707, (3) kontrol diri berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion sebesar 1,714, (4) literasi ekonomi, kelompok teman sebaya dan kontrol diri berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha sebesar 98,012