PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII C SMP NEGERI 2 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Putu Desi Kumara Yanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.20003

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas, dan (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan metode observasi sedangkan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunaka analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada siklus I pertemuan pertama rata-rata aktivitas belajar siswa 7,23 dan pertemuan kedua meningkat menjadi 8,58, namun pada pertemuan pertama dan kedua masih tergolong kategori cukup aktif. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama rata-rata aktivitas belajar siswa 9,32 dan pertemuan kedua meningkat menjadi 10,94, pertemuan pertama dan kedua tergolong kategori aktif. (2) pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa

72,42 dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 83,06 tergolong kategori baik.

Downloads

Published

2017-06-13

Issue

Section

Articles