STUDI KOMPERATIF KUALITAS PELAYANAN BPJS PADA PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT KABUPATEN BULELENG (RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BULELENG DAN RUMAH SAKIT KERTA USADHA)

Komang Adi Suardana, Anjuman Zukhri, Kadek Rai Suwena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan BPJS pada pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng dan Rumah Sakit Kertha Usada. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan BPJS pada pasien rawat inap kelas III pada kedua rumah  sakit  tersebut.  Dalam  penelitian  ini  hanya  menggunakan sampel  karena populasi yang digunakan berbeda antara Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng dan Rumah Sakit Kertha Usada, sehingga hanya menggunakan sampel insidental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komperatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Statistik Komparatif, analisis ini dimaksudkan untuk menguji apakah ada perbedaan  yang signifikan mengenai kualitas pelayanan BPJS pada pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng dan Rumah Sakit Kertha Usada. Alat yang digunakan untuk mengetahui perbedaan analisis perbandingan rata-rata (Independent-Sample T-Test). Dihitung dengan menggunakan program  SPSS  16.00  for  windows.  Hasil  dari  penelitian  ini  yaitu adanya  perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan BPJS pada rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng dengan Rumah Sakit Kertha Usada yang dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,027< 0,05. Dari skor rata-rata yang diperoleh, kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng lebih  unggul dari  pada  kualitas  pelayanan di  Rumah Sakit Kertha Usada.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20047

Article Metrics

Abstract view : 371 times
PDF file view : 408 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928

Homepage: https://penerbit.undiksha.ac.id

Email: ekonomijurnalpendidikan@gmail.com


Managed by

Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha

In Cooperation with

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha indexed by:

Crossref ICI Moraref One SearchDimensions Dimensions GarudaAkreditasi SINTA 4