PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENGETAHUAN PRODUK PADA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN DI SMK N 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2017/2018

Dewa Ayu Apri Mulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang   penggunaan metode pembelajaran guru, aktivitas belajar siswa dan pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan metode pembelajaran guru terhadap aktivitas belajar pengetahuan produk pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK N 1 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian  kausal.  Teknik  pengambilan  sampel  yang  digunakan  adalah  proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji t dengan bantuan SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang penggunaan metode pembelajaran guru berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 39%, aktivitas belajar siswa tergolong dalam kategori aktif dengan persentase sebesar 69%, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan metode pembelajaran terhadap aktivitas belajar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien diterminasi sebesar 0,668  artinya  66,8%  aktivitas  belajar  siswa  dipengaruhi oleh  persepsi  siswa  tentang penggunaan metode pembelajaran guru sedangkan sisanya sebesar 33,2% dipengaruhi oleh faktor lain.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20060

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF file view : 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928

Homepage: https://penerbit.undiksha.ac.id

Email: ekonomijurnalpendidikan@gmail.com


Managed by

Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha

In Cooperation with

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha indexed by:

Crossref ICI Moraref One SearchDimensions Dimensions GarudaAkreditasi SINTA 4