PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI SMP N 2 SAWAN

Made Santhi Hermaswari, Made Ary Meitriana, Lulup Endah Tripalupi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS terpadu  antara  kelompok  siswa  yang  dibelajarkan  dengan  model  pembelajaran  ARCS dengan model pembelajaran konvensional, perbedaan aktivitas belajar  antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional, dan perbedaan hasil belajar IPS terpadu antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Sawan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak  160  orang  siswa  kelas  VIII.  Sampel penelitian  ini  siswa  kelas  VIIIB  sebagai kelompok kontrol sebanyak 33 orang dan siswa kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 orang yang dibentuk secara sengaja dengan menggunakan teknik purposive sampling. Selanjutnya analisis yang digunakan adalah uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dari nilai uji  F  71,905 dengan nilai probabilitas 0,000 < α  = 0,05, terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dari nilai uji F 114,358 dengan nilai probabilitas 0,000 < α = 0,05, dan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dari nilai uji F 37,222 dengan nilai probabilitas 0,000 < α = 0,05.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20088

Article Metrics

Abstract view : 304 times
PDF file view : 450 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928

Homepage: https://penerbit.undiksha.ac.id

Email: ekonomijurnalpendidikan@gmail.com


Managed by

Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha

In Cooperation with

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha indexed by:

Crossref ICI Moraref One SearchDimensions Dimensions GarudaAkreditasi SINTA 4