PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI SMP N 2 SAWAN

Authors

  • Made Santhi Hermaswari
  • Made Ary Meitriana
  • Lulup Endah Tripalupi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20088

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS terpadu  antara  kelompok  siswa  yang  dibelajarkan  dengan  model  pembelajaran  ARCS dengan model pembelajaran konvensional, perbedaan aktivitas belajar  antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional, dan perbedaan hasil belajar IPS terpadu antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Sawan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak  160  orang  siswa  kelas  VIII.  Sampel penelitian  ini  siswa  kelas  VIIIB  sebagai kelompok kontrol sebanyak 33 orang dan siswa kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 orang yang dibentuk secara sengaja dengan menggunakan teknik purposive sampling. Selanjutnya analisis yang digunakan adalah uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dari nilai uji  F  71,905 dengan nilai probabilitas 0,000 < α  = 0,05, terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dari nilai uji F 114,358 dengan nilai probabilitas 0,000 < α = 0,05, dan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dari nilai uji F 37,222 dengan nilai probabilitas 0,000 < α = 0,05.

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles