ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA USAHA KERAJINAN YANDE BATOK KELAPA DI KABUPATEN KLUNGKUNG

Ni Wayan Septian Korinawati, I Wayan Suwendra, Anjuman Zukhri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan perhitungan biaya diferensial sebagai dasar pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus, perbedaan hasil   perhitungan   dimasukkannya   biaya   diferensial   sebagai   dasar   pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus, dan  alternatif  yang digunakan perusahaan dalam mengambil keputusan apakah menerima pesanan khusus atau menolak pesanan khusus pada Usaha Kerajinan Yande Batok Kelapa di Kabupaten Klungkung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dianalisis dengan analisis diferensial dengan pesanan dan tanpa pesanan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan perhitungan biaya diferensial sebagai dasar pengambilan keputusan pesanan khusus adalah dengan menjumlahkan semua biaya produksi, baik biaya variabel maupun biaya produksi tetap ditambah dengan keuntungan yang diinginkan perusahaan. Selain itu perbedaan hasil perhitungan dimasukkannya biaya diferensial sebagai dasar pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus pada bulan Agustus 2017  diperoleh laba  sebesar Rp.12.471.050,00 lebih besar dibandingkan laba  yang diperoleh tanpa pesanan khusus sebesar Rp.6.163.550,00, dan alternatif terbaik yang digunakan perusahaan dalam mengambil keputusan yaitu menerima pesanan dari Armin Jerman.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20091

Article Metrics

Abstract view : 1340 times
PDF file view : 1070 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928

Homepage: https://penerbit.undiksha.ac.id

Email: ekonomijurnalpendidikan@gmail.com


Managed by

Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha

In Cooperation with

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha indexed by:

Crossref ICI Moraref One SearchDimensions Dimensions GarudaAkreditasi SINTA 4