FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LULUSAN SARJANA PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN 2017 DALAM MEMILIH KARIR DIBIDANG NON KEPENDIDIKAN

Luh Merlinda Cindy, Iyus Akhmad Haris, Kadek Rai Suwena

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  faktor – faktor yang mempengaruhi dalam memilih karir. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis rancangan penelitian faktorial. Penelitian ini  dilakukan di Jurusan Pendidikan  Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha yang terletak di Jalan Udayana, Singaraja. Jumlah sampel yang diguanakan sebanyak 43 orang Lulusan Sarjana Pendidikan Ekonomi tahun 2017 yang bekerja diluar bidang pendidikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa faktor- faktor yang mempengaruhi pemilihan karir non pendidikan alumni Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha, adalah sebanyak 23 (dua puluh tiga) indikator dari 5 faktor diantaranya: Faktor penghargaan finansial, terdiri dari 3 (tiga) indikato. Faktor pasar kerja, terdiri dari 5 (lima) indicator. Faktor profesional, terdiri dari 4 (empat) indicator. Faktor nilai sosial, terdiri dari 4 (empat) indicator. Faktor lingkungan   kerja,   terdiri   dari   7   (tujuh)   indikator.   Faktor   yang   paling   dominan mempengaruhi adalah faktor pengharggan finansial dengan Eigen value =7.797. Dari penelitian ini, diharapkan para sarjana memilih karir yang menjanjikan dan yang cocok dengan kepribadiannya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20107

Article Metrics

Abstract view : 395 times
PDF file view : 471 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928

Homepage: https://penerbit.undiksha.ac.id

Email: ekonomijurnalpendidikan@gmail.com


Managed by

Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha

In Cooperation with

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha indexed by:

Crossref ICI Moraref One SearchDimensions Dimensions GarudaAkreditasi SINTA 4