PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) 5 FASE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SERIRIT

Authors

  • Made Juni Astuti
  • Iyus Akhmad Haris
  • Lulup Endah Tripalupi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan sosial siswa yang menggunakan pembelajaran model learning cycle 5 fase dan pembelajaran konvensional dilihat dari keterampilan untuk hidup dan bekerjasama, keterampilan untuk mengontrol diri dan orang lain, keterampilan berinteraksi, keterampilan bertukar pikiran dan pengalaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan rancangan atau desain kelompok  kontrol  hanya  pos tes  saja.  Subjek    penelitian adalah siswa kelas VII C dan siswa kelas VII D. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan sosial siswa dan model pembelajaran learning cycle 5 fase. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, data dianalisis menggunakan analisi  uji-t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh keterampilan sosial siswa  yang menggunakan pembelajaran model  learning cycle   5 fase dan pembelajaran model konvensional dilihat dari keterampilan untuk hidup dan bekerjasama dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, keterampilan untuk mengontrol diri dan orang lain dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05, keterampilan berinteraksi dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05, keterampilan bertukar pikiran dan pengalaman dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.

Downloads

Published

2019-06-11

Issue

Section

Articles