ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA KOPERASI PEGAWAI NEGERI SETYA GRAHA DI KECAMATAN MENDOYO TAHUN 2017

I Gusti Ayu Anom Pradnyawati, I Wayan Suwendra, I Nyoman Sujana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem penerimaan kas dan pengeluaran kas. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mengenai penerimaan kas dari piutang dan penerimaan kas secara tunai. Sedangkan, pengeluaran kas terdiri dari pengeluaran kas dengan memberikan kredit anggota dan untuk pembayaran biaya-biaya umum dan operasional koperasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer di dapat dari wawancara langsung dan data sekunder di dapat melalui buku dan bukti transaksi koperasi. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa terdapat beberapa  ketidaksesuaian  antara  prosedur  dengan  standar  yang  berlaku  pada  KPN Setya Graha. Masih terdapat rangkap jabatan yang terjadi, dokumen bukti penerimaan kas dan pengeluaran kas dibuat rangkap dua, dan sudah tidak melakukan pencatatan menggunakan prosedur akuntansi seperti jurnal. Namun hal ini tidak akan mengganggu berjalannya   prosedur   penerimaan  dan   pengeluaran   kas.   Dan  dari  penelitian   ini diharapkan KPN Setya Graha menjalankan kegiatan sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20145

Article Metrics

Abstract view : 5079 times
PDF file view : 3044 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928

Homepage: https://penerbit.undiksha.ac.id

Email: ekonomijurnalpendidikan@gmail.com


Managed by

Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha

In Cooperation with

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha indexed by:

Crossref ICI Moraref One SearchDimensions Dimensions GarudaAkreditasi SINTA 4