Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kerajinan Perak di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar

Authors

  • Anak Agung Ayu Mirah Wira Dewi Economic Education Department, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Indrayani Economic Education Department, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Lulup Endah Tripalupi Economic Education Department, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21525

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing serta berapa besarnya pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha kerajinan perak di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan studi dokumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah t test, F test dan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 24.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama ada pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, kedua ada pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing, ketiga ada pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dan keempat orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing sebesar 6,058 yang ditunjukan dengan hasil persamaan regresi Ŷ = 7,352 + 0,606X1 + 0,381X2. 

Downloads

Published

2019-12-12

Issue

Section

Articles