Faktor-Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii di Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019

Authors

  • Kadek Ari Suarmawan Economic Education Departmant, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Ary Meitriana Economic Education Departmant, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Iyus Akhmad Haris Economic Education Departmant, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019, dan faktor eksternal yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian faktorial yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singaraja dengan jumlah responden sebanyak 183 orang. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Product and Sevvice Solutions (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat sepuluh faktor yang mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019, yaitu faktor cara mendidik, hubungan antar anggota keluarga, ekonomi keluarga, keadaan gedung sekolah, metode mengajar, metode belajar, alat penunjang pelajaran, kegiatan siswa dalam masyarakat, pengaruh dari pergaulan, media masa. Faktor eksternal yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019 adalah faktor cara mendidik yang memiliki variance explained tertinggi yaitu sebesar 27,577%, artinya bahwa faktor cara mendidik mampu menjelaskan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019 sebesar 27,577%.

Downloads

Published

2019-12-12

Issue

Section

Articles