Pola Manajemen Pemasaran Produk Industri Kerajinan Kain Tenun Songket di Desa Sukarara Kabupaten Lombok Tengah

Authors

  • Hidayatul Fitri Economic Education Department Universitas Pendidikan Ganesha
  • Naswan Suharsono Economic Education Department Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suwendra Economic Education Department Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21566

Abstract

Penelitian ini dilakukakan untuk mengetahui implementasi perencanaan, pegorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pemasaran produk industri kerajinan kain tenun songket di Desa Sukarara Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengarajin kain tenun songket yang berjumlah 8 Orang. Sedangkan objeknya adalah pola manajemen pemasaran produk industri kerajinan kain tenun songket. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola manajemen pemasaran produk industri kerajinan kain tenun songket di Desa Sukarara Kabupaten Lombok Tengah sudah mengikuti kaidah manajemen pemasaran yang meliputi perencanaan pemasaran, pengorganisasian pemasaran, pelaksanaan pemasaran, dan pengawasan pemasaran.

 

Kata kunci: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan.

Downloads

Published

2019-12-12

Issue

Section

Articles