Pola Manajemen Pemasaran Produk Industri Kerajinan Kain Tenun Songket di Desa Sukarara Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21566Abstract
Penelitian ini dilakukakan untuk mengetahui implementasi perencanaan, pegorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pemasaran produk industri kerajinan kain tenun songket di Desa Sukarara Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengarajin kain tenun songket yang berjumlah 8 Orang. Sedangkan objeknya adalah pola manajemen pemasaran produk industri kerajinan kain tenun songket. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola manajemen pemasaran produk industri kerajinan kain tenun songket di Desa Sukarara Kabupaten Lombok Tengah sudah mengikuti kaidah manajemen pemasaran yang meliputi perencanaan pemasaran, pengorganisasian pemasaran, pelaksanaan pemasaran, dan pengawasan pemasaran.
Kata kunci: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan.