ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIC HONDA PADA DEALER ASTRA MOTOR DENPASAR

Authors

  • Kadek Budi Ariyono .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .
  • Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.2297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor matic Honda dan (2) faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 97 responden pengguna sepeda motor matic Honda dan pengambilan data berupa dokumentasi, dan kuesioner. Selanjutnya data diolah dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor matic Honda yakni, (1) faktor konsep diri, (2) faktor kepribadian, (3) faktor selera, dan (4) pengalaman. Faktor konsep diri merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian, dengan jumlah variance explained sebesar 24,128%.
Kata Kunci : Analisis faktor, keputusan pembelian.

This study aimed to determine (1) the factors that influence purchasing decisions automatic Honda motorcycles and (2) the most dominant factor of influence on purchase decisions automatic Honda motorcycles.This type of research is descriptive quantitative. Samples were subjected to experiments by 97 respondents’ automatic Honda motorcycle users and retrieval of data in the form of documentation, and questionnaires. Furthermore the data processed by factor analysis. The results showed that there are four factors that influence purchasing decisions automatic Honda motorcycles are, (1) self-concept, (2) personality, (3) taste, and (4) experience. Self-concept factor is the most dominant factor influencing purchasing decisions, the number of explained variance 24.128%.
keyword : Analysis factor, purchasing decision.

Published

2014-02-23

Issue

Section

Articles