PENGARUH BAURAN PEMASARAN ECERAN (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINI MARKET INDOMARET DEWI SARTIKA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3022Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh bauran pemasaran eceran (retailing mix) secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Mini Market Indomaret Dewi Sartika Utara dan (2) pengaruh bauran pemasaran eceran (retailing mix) secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Mini Market Indomaret Dewi Sartika Utara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Subjek penelitian ini adalah konsumen Mini Market Indomaret sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran eceran (retailing mix) dan keputusan pembelian. metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan SPSS 16.0 for windows yang meliputi uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secara parsial bauran pemasaran eceran (retailing mix) terdiri dari produk, harga, pelayanan, lokasi, suasana toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mini Market Indomaret Dewi Sartika Utara dan promosi tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Mini Market Indomaret Dewi Sartika Utara (2) secara simultan bauran pemasaran eceran (retailing mix) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mini Market Indomaret Dewi Sartika Utara dari perhitungan uji F diperoleh Fhitung 35,742 > Ftabel 2,20 dan p-value < α atau 0,000 < 0,05.Kata Kunci : bauran pemasaran eceran, retailing mix, keputusan pembelian
This study aimed to determine (1) the influence of retailing mix partially on purchasing decisions Mini Market on Indomaret Dewi Sartika Utara and (2) the effect of retailing mix simultaneously on purchasing decisions at the Mini Market Indomaret Dewi Sartika Utara. This study was included in the quantitative descriptive research the number of respondents 100 people. The subjects were Indomaret while consumers Mini Market which is the object of this research is the retailing mix and purchasing decisions. Data collection method used was a questionnaire. Data were analyzed with multiple linear regression analysis with SPSS 16.0 for windows that include the t test and F test. The results showed that (1) a partial retailing mix consists of product, price, service, location, store atmosphere significantly influence purchasing decisions Mini Market on Indomaret Dewi Sartika Utara and promotional partial no significant effect on purchasing decisions Mini Market on Indomaret Dewi Sartika Utara (2) simultaneous retailing mix significantly influence purchasing decisions Mini Market on Indomaret Dewi Sartika Utara F test was obtained from the calculation of F 35.742> F 2.20 and p-value <α or 0.000 <0.05.
keyword : marketing mix of retail, retailing mix, purchasing decisions
Published
2014-06-23
Issue
Section
Articles