PENGARUH BIAYA PROMOTION MIX TERHADAP NILAI PENJUALAN JASA HOTEL PADA ADIRAMA HOTEL LOVINA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3047Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada (1) Pengaruh simultan biaya promotion mix terhadap nilai penjualan pada Adirama Hotel tahun 2003-2012, (2) Pengaruh parsial biaya periklanan terhadap nilai penjualan pada Adirama Hotel pada tahun 2003-2012, (3) Pengaruh parsial biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan pada Adirama Hotel pada tahun 2003-2012, (4) Pengaruh parsial biaya personal selling terhadap nilai penjualan pada Adirama Hotel pada tahun 2003-2012. Subjek penelitian ini adalah manajer hotel dan karyawan bagian akunting pada Adirama Hotel, Sedangkan obyek penelitiannya adalah data biaya promotion mix yang terdiri dari: biaya periklanan, promosi penjualan, dan penjualan perseorangan serta nilai penjualan jasa hotel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji ttest dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan dari biaya promotion mix yang meliputi biaya periklanan, promosi penjualan dan personal selling terhadap nilai penjualan, (2) Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari biaya periklanan terhadap nilai penjualan, (3) Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan, (4) Tidak Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari biaya personal selling terhadap nilai penjualan pada Adirama Hotel.Kata Kunci : Biaya Promotion Mix, Nilai Penjualan
This study aimed to determine whether there were (1) Simultaneous effect of promotion mix against the value of sales at Adirama Hotel in 2003-2012, (2) Partial effect of advertising cost on sales value at Adirama Hotel in 2003-2012, (3) Partial effect of promotions cost on the sales value at Adirama Hotel in 2003-2012, (4) Partial effect of personal selling cost on sales value at Adirama Hotel in 2003-2012. The subjects were hotel manager and employees in the accounting department of Adirama Hotel , while the objects of research were the cost of data promotion mix consisting of : the cost of advertising, sales promotion, and personal selling and sales services of the hotel. Data collection methods used in this study were the documentation and interviews. In this study the data were analyzed using multiple regression analysis with the classical assumption test , t-test and F test. The results of this study indicated that (1) Simultaneously, there was a positive and significant impact on the cost of the promotion mix which included the cost of advertising , sales promotion and personal selling to the sales value , (2) There was a positive and significant effect of the partial cost of advertising on sales , (3) Partially, there was a positive and significant effect of the cost of sales promotions on sales value , (4) Partially, no positive and significant effect of personal selling expenses to sales at Adirama Hotel.
keyword : Promotion mix, sales value.
Published
2014-06-23
Issue
Section
Articles