Analisis Joint Cost untuk Produk Besama dalam Menentukan Laba pada UD. Kharisma di Kabupaten Buleleng

Authors

  • Ni Luh Gd Diah Setia Budi .
  • Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .
  • Luh Indrayani, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perhitungan alokasi biaya bersama (joint cost) untuk produk bersama pada UD. Kharisma, dan (2) perhitungan alokasi biaya bersama untuk produk bersama dalam menentukan laba/rugi bruto pada UD. Kharisma. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah UD. Kharisma dan obyek dari penelitian ini adalah pengalokasian biaya bersama dan laba. Total produk yang dihasilkan UD. Kharisma pada tahun 2013 sebanyak 2.822.000 biji diantarnya pia 714.000 biji, lanter 1.190.000 biji dan roti potong 918.000 biji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) alokasi biaya bersama pada UD Kharisma menggunakan metode nilai pasar dan menghabiskan biaya bersama sebesar Rp 1.076.256.600,00. Pengalokasian biaya bersama pada pia Rp 422.192.813,00 lanter Rp 328.372.188,00 dan roti potong Rp 325.691.599,00 (2) Laba bruto yang dihasilkan merupakan hasil dari pengurangan dari hasil penjualan produk dikurangi dengan harga pokok produksi. Laba bruto yang dihasilkan pada UD Kharisma tahun 2013 yaitu jenis produk pia memperoleh laba bruto sebesar Rp 285.380.813,00, laba bruto untuk produk pia sebesar Rp 110.847.437,00, lanter Rp 87.841.952,00 dan roti potong memperoleh laba bruto sebesar Rp 86.691.424,00.
Kata Kunci : Alokasi biaya bersama, metode nilai pasar, dan laba bruto

The research was aimed to determine (1) the calculation of joint cost allocation (joint cost) for products with at UD. Charisma, and (2) the calculation of the allocation of joint costs to joint products in determining profit / gross loss at UD. Charisma. Data collected by the method of documentation, which is then analyzed by quantitative descriptive analysis. The subject of this study is UD. Charisma and the object of this study is the allocation of shared costs and profits. Total products produced UD. Charisma in 2013 as many as 2,822,000 seeds pia delivery of 714 000 seeds, beans and bread lanter 1.19 million pieces of 918 000 seeds. The results showed that (1) the allocation of costs with the UD charisma and the market value method with cost of Rp 1,076,256,600.00. Allocating joint costs on pia Rp Rp 328,372,188.00 422,192,813.00 lanter and bread slices Rp 325,691,599.00 (2) gross profit generated is the result of a reduction of product sales minus the cost of production. Gross profit generated in the year 2013 UD charisma are the type of products pia gain of Rp 285,380,813.00 gross profit, gross profit for the product of Rp 110,847,437.00 pia, lanter USD 87,841,952.00 and bread slices gross profit of Rp 86,691,424.00.
keyword : Allocation of shared costs, the market value method, and gross profit

Published

2014-07-11

Issue

Section

Articles