Pengaruh Pendidikan Pelatihan, Pengalaman Kerja, Dan Prestasi Kerja Terhadap Pengembangan Karir Karyawan Pada PDAM Kabupaten Buleleng

Authors

  • Putu Dewi Supeni Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sujana Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.35775

Keywords:

Education and Training, Work Experience, Work Performance, Career Development

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialahuntuk mengetahui hubunganpendidikan dan pelatihan, pengalaman kerja, dan prestasi kerja terhadap pengembangan karir karyawan pada PDAM Kabupaten Buleleng. Penelitian menggunakanjenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini seluruh karyawan PDAM ialah 129responden yang dicari menggunakanNon Probability Sampling atau sampel sensus.Metode dalam pengumpulan data yang digunakan menggunakanangket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji t,dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultanpendidika pelatihan, pengalaman kerja, serta prestasi kerja terhadap pengembangan karir karyawan karyawan pada PDAM Kabupaten Buleleng.

References

Foster, B. (2001). Pembinaan Untuk Peningkatan Kinerja Karyawan. Jakarta: PPM.

Gorda. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar: Wirda Kriya Gematama.

Hasibuan, M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jayanti, A. A. S. S. (2013). Pengaruh Prestasi Kerja, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pengenalan dan Kesempatan untuk Tumbuh Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Ketentraman Ketertiban dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayanan, 9(2), 333–367.

Kristola, D. (2009). Pengaruh Diklat dan Pengalaman Kerja Terhadap Prestasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Di Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayanan, 8(10), 42–45.

Labbase, I. (2010). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Economic Resources, 11(31), 127–145.

Mangkunegara. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muis, M. (2009). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Karir Karyawan Perbankan di Kota Makasar. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(9), 629–634.

Sihotang. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Pradnya Paramitha.

Downloads

Published

2021-12-25

Issue

Section

Articles