IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • I Made Edi Darmawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v1i1.392

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu serta mengetahui respons siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran IPS Terpadu. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2012/2013. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar, dan data mengenai respons siswa dikumpulkan melalui angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan perbedaan skor yang tidak signifikan yang ditunjukkan oleh hasil penelitian pada siklus I dengan rata-rata skor aktivitas sebesar 45,04 yang berada pada kategori aktif selanjutnya menjadi 46,4 yang berada pada kategori aktif pada siklus II. Kedua, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perbedaan nilai siswa yang tidak signifikan, yaitu pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 75,9 selanjutnya meningkat menjadi 76,92 pada siklus II. Adapun respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada kategori positif dengan skor rata-rata respons siswa sebesar 38,7.Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, dan respons siswa.

Downloads

Published

2013-03-14

Issue

Section

Articles