PENGARUH PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2012 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN 2014

Authors

  • Tri Yohana .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .
  • Luh Indrayani, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi mahasiswa juruasan pendidikan ekonomi, (2) keputusan pembelian produk mie instan pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi, dan (3) pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian produk mie instan pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi. Penelitian ini termasuk penelitian termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan penddikan ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha yang berjumlah 88 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah persepsi dan keputusan pembelian mahasiswa. Penelitian ini menggunakan sampel yang ditentukan dengan total sample. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan statistik regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa secara total berada dalam kategori cukup tinggi, sedangkan persepsi per dimensi yaitu untuk perhatian selektif berada pada katgori cukup tinggi, distorsi selektif berada pada kategori cukup tinggi, dan ingatan selektif berada pada kategori cukup tinggi, (2) keputusan pembelian produk mie instan secara total berada pada kategori tinggi. (3) Persepsi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi sebesar 0,478 atau 47,8% dan sisanya sebesar 52,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : keputusan pembelian, persepsi

This study aimed to determine (1) the perception of students majoring in economics education, (2) the instant noodle product purchasing decisions on economic education majors, and (3) the effect of the perception of instant noodle product purchasing decisions on economic education majors. This research includes studies including quantitative descriptive study. The subjects were students majoring in economics education Ganesha Education University totaling 88 people. Whereas the object of this research is the perception and student purchasing decisions. This study used a sample was determined by the total sample. Data was collected through questionnaire method, then analyzed using descriptive statistics and simple linear regression. The results of this study indicate that (1) the perception of students in total are in the category is quite high, while the per-dimensional perception is to be in the category of selective attention is quite high, in the category of selective distortion is quite high, and is in the category of selective recollection is quite high, (2) instant noodle product purchasing decisions in total are in the high category, (3) perception of a positive and significant influence on purchasing decisions on economic education majors with a correlation coefficient of 0.585 or 58.5% and contributed to or affected by 0,478 or 47,8% and amounted to 52,2% there are still other factors that are not to be included in this study.
keyword : buying decision, perception

Published

2014-08-26

Issue

Section

Articles