Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa Wisata Penglipuran Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli Tahun 2014

Authors

  • Komang Sri Susanthi .
  • Drs. I Ketut Dunia, M.Erg. .
  • Luh Indrayani, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang menjadi kekuatan dalam mempengaruhi tingkat kunjungan objek wisata desa Penglipuran, (2) faktor-faktor yang menjadi kelemahan dalam mempengaruhi tingkat kunjungan objek wisata desa Penglipuran, (3) faktor-faktor yang menjadi peluang dalam mempengaruhi tingkat kunjungan objek wisata desa Penglipuran, (4) faktor-faktor yang menjadi ancaman dalam mempengaruhi tingkat kunjungan objek wisata desa Penglipuran, dan (5) strategi yang tepat untuk diterapkan dalam meningkatkan kunjungan objek wisata desa Penglipuran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke desa Penglipuran dan kepala adat desa Penglipuran, sedangkan objek penelitian ini adalah analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT). Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor yang menjadi kekuatan adalah kebersihan/ kelestarian budaya, adanya sarana/ prasarana seperti adanya tolilet, arena parkir dan tourism information centre, akses jalan bagus dan lokasi strategis serta masyarakatnya ramah, (2) faktor yang menjadi kelemahan adalah keindahan alam yang kurang dan minimnya artshop, home stay dan jenis makanan khas daerah, (3) faktor yang menjadi peluang adalah peran serta masyarakat baik, keamanan lingkungan, kondisi ekonomi dan kemajuan teknologi, (4) faktor yang menjadi ancaman adalah kelestarian budaya, kondisi politik, kebijakan pemerintah dan daya saing, dan (5) strategi yang diterapkan adalah panetrasi pasar dan pengembangan produk.
Kata Kunci : Analisis SWOT, EFAS, IFAS, Matrik IE

The objective of this research aimed to know (1) the factor to be strength to have influenced step visit of tourism object in Penglipuran village, (2) the factor to be weakness to have influenced step visit of tourism object in Penglipuran village, (3) the factor to be opportunity to have influenced step visit of tourism object in Penglipuran village, (4) the factor to be threat to have influenced step visit of tourism object in Penglipuran village, (5) the exact strategy to applied by organizer and society at Penglipuran village. This research was a qualitative research. The subject of this research was tourist who visited at Penglipuran village and village headman, and the object this research is analysis of strength, weakness, opportunity, and threat (SWOT). This data collected with interview method and observation. The result of this research showed that (1) the factor to be strength is cleanness/conserving culture, there is facilities such as toilet, tourism information centre and park area, way access is good, strategic location, and friendly society, (2) the factor to be weakness is less of beauty nature and bit of art shop, home stay and kind of special local food, (3) the factor to be opportunity is role of society, safety area, condition of economics and progress of technology, (4) the factor to be threat is conserving culture, condition of politics, policy of government and power of compete, (5) the strategy that apply is market penetration and developing of product.
keyword : EFAS, IFAS, Matrik IE dan SWOT Analyse

Published

2014-08-27

Issue

Section

Articles