PENGARUH PEMBERDAYAAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BALI SEGARA NUSANTARA

Authors

  • Putu Chori Suryadewi .
  • Drs. I Ketut Dunia, M.Erg. .
  • Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemberdayaan karyawan baik secara total maupun per dimensi, mendeskripsikan kinerja karyawan baik secara total maupun perdimensi, dan pengaruh pemberdayaan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bali Segara Nusantara. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah karyawan PT. Bali Segara Nusantara sebanyak 63 orang, sedangkan objeknya adalah pemberdayaan karyawan dan kinerja karyawan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif dan regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan karyawan dan kinerja karyawan secara total berada pada kategori baik. Demikian pula jika dilihat dari dimensi kemapuan, wewenang, kepercayaan, dan tanggung jawab berada pada kategori baik. Terdapat pengaruh positif pemberdayaan terhadap kinerja karyawan ditunjukkan nilai thitung sebesar 3,576 > ttabel sebesar 1,670 atau p-value = 0,001 < α = 0,05. Hasil R Square sebesar 0,173. Hal ini berarti kinerja karyawan dipengaruhi oleh pemberdayaan karyawan sebesar 17,3%.
Kata Kunci : pemberdayaan karyawan, kinerja karyawan

This research aims to describe employee empowerment both in total and per dimension, describe the employee's performance either totally or dimensions, and the effect of empowerment on employee performance at PT. Bali Segara Nusantara. This study was designed using quantitative descriptive research. The subjects were employees of PT. Bali Segara Nusantara as many as 63 people, while the object is employee empowerment and employee performance. Data were collected using a questionnaire. Data were analyzed descriptively and simple regression using SPSS 16.0 for windows. The results showed that the empowerment of employees and the performance of employees in total are in the good category. Similarly, if seen from the dimensions Traffic, authority, trust, and the onus is on both categories. There is a positive effect of empowerment on employee performance tcount indicated by 3.576> 1.670 ttable or p-value = 0.001 <α = 0.05. Results of R Square of 0.173. This means that the performance of the employees affected by the empowerment of employees by 17.3%.
keyword : employee empowerment, employee performance

Published

2014-08-27

Issue

Section

Articles