STUDI KOMPARATIF MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS ANTARA MOVING CLASS DENGAN KELAS MENETAP DI SMP N 1 KERAMBITAN DAN SMP N 2 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4059Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class, (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar kelas menetap, dan (3) perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class dengan penataan lingkungan belajar kelas menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Independent-Sample t-test yang diolah dengan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class sebesar 78,99 tergolong kategori tinggi, (2) rata-rata motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar kelas menetap sebesar 63,38 tergolong cukup tinggi, dan (3) ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class dengan penataan lingkungan belajar kelas menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan tahun ajaran 2013/2014, dengan perolehan thitung > ttabel (27,527>1,967).Kata Kunci : kelas menetap, motivasi belajar siswa, moving class.
This study was intended to investigate (1) students’ motivation in learning IPS using moving class management, (2) students’ motivation in leaning IPS using settled class management, and (3) the significance different of students’ motivation in learning IPS using moving class and settled class management at junior high school “SMP N 1 Kerambitan” and at junior high school “SMP N 2 Tabanan” in academic year 2013/2014. The study used quantitative approach with comparative method. The data were collected by using documentation and questionnaire. The method analysis which was used was independent-sample t-test analysis which was analyzed by using SPSS 16.0 for windows program. The result of the study showed that (1) the average score of students’ motivation in learning IPS using moving class management was 78.99 which belongs to high category, (2) the average score of students’ motivation in learning IPS using settled class management was 63.38 which belongs to sufficient category, and (3) there were significance different of students’ motivation in learning IPS using moving class and settled class management at SMP N 1 Kerambitan and SMP N 2 Tabanan in academic year 2013/2014, with (27.527>1.967).
keyword : settled class, students’ motivation in learning, moving class.
Published
2014-09-29
Issue
Section
Articles