ANALISIS SWOT PADA MINIMARKET CAHAYA BARU SINGARAJA

Authors

  • Komang Kastana .
  • Drs. I Ketut Dunia, M.Erg. .
  • Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, serta strategi yang tepat untuk diterapkan pada Minimarket Cahaya Baru Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) kekuatan yang dimiliki meliputi banyak pilihan produk, harga lebih murah, lokasi strategis, kebersihan dan kemudahan mencari barang, karyawan yang ramah, dan adanya tempat bermain anak-anak; (2) kelemahan yang dimiliki meliputi kurangnya kelengkapan produk untuk semua kalangan, ketidakserasian seragam karyawan, ketiadaan pendingin ruangan, kurangnya penataan parkir, dan ketiadaan toilet; (3) peluang yang dimiliki meliputi memiliki pelanggan, memberikan poin berhadiah, kerja sama yang baik dengan supplier, lokasi usaha berada di pemukiman penduduk, perubahan gaya hidup masyarakat, dan kebutuhan masyarakat akan barang semakin kompleks; (4) ancaman yang dimiliki meliputi munculnya pesaing baru pada usaha sejenis, munculnya pesaing di lokasi sekitar, perkembangan teknologi yang pesat, dan daya beli masyarakat menurun; dan (5) strategi yang tepat untuk diterapkan adalah growth oriented strategy.
Kata Kunci : analisis SWOT, eksternal, internal, minimarket

This study aimed to determine strength, weakness, opportunities, threat, and also the appropriate strategy to be applied at Cahaya Baru Singaraja Minimarket. Data collection methods that used were observation and interview method. Data were analyzed using descriptive analysis with quantitative and qualitative approaches. The results of this study were (1) the strengths are including there are a lot of products, the price is cheaper, strategic location, cleanliness and ease of finding items, friendly employees, and there are children playground; (2) the weaknesses are including the lack of complete products for all circles, employee uniforms incompatibility, the lack of air conditioning (AC), the lack of parking arrangements, and the lack of toilets for consumers; (3) the opportunities are including it had fixed customer, provide point prizes, good cooperation with suppliers, the effort location reside at residential population, public lifestyle changes, and the public needs items increasingly complex; (4) the threats are including the emergence of new competitors held in similar business, the emergence of competitors in surrounding locations, rapid technological developments, and decreased purchasing power; and (5) the appropriate strategy to be applied at Cahaya Baru Singaraja Minimarket is a growth oriented strategy.
keyword : SWOT analysis, external, internal, minimarket

Published

2014-10-25

Issue

Section

Articles