Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada

Authors

  • Gede Andrayan Semara Bhawa .
  • Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .
  • Drs. Made Artana, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada seluruh sekolah dasar, (2) Tingkat efektivitas pengelolaan dana BOS, (3) masalah yang dihadapi dalam pengelolaan dana BOS pada seluruh sekolah dasar, (4) Upaya mengatasi masalah dana BOS. Penelitian ini dilaksanakan pada sekolah dasar yang ada di Kecamatan Sukasada. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan dana BOS pada seluruh sekolah dasar sudah sesuai dengan Permendiknas No. 76 tentang Petunjuk Teknis Pengunaan dan Pertangungjawaban Keuangan dana BOS Tahun 2013, (2) tingkat efektivitas pengelolaan dana BOS pada seluruh sekolah dasar mencapai 87%, berada dalam kriteria sangat efektif, (3) masalah yang dihadapi seluruh sekolah dasar yaitu dana BOS datang tidak tepat waktu, dan komite kurang memahami pengelolaan dana BOS, (4) upaya yang dilakukan seluruh sekolah dasar yaitu melakukan pinjaman dana serta berbelanja secara kredit, dan melakukan penguatan pada komite terkait dana BOS.
Kata Kunci : efektivitas dan pengelolaan dana BOS

This study aims to determine (1) Management of the School Operational Assistance (BOS) at all elementary schools, (2) The effectiveness of the management of BOS, (3) problems encountered in the management of BOS funds at all elementary schools, (4) Efforts to overcome the problem of BOS. This study was conducted in primary schools in Sub Sukasada. Data were collected by interview, questionnaire and documentation, were further analyzed by quantitative descriptive analysis. The results showed that (1) The management of BOS funds at all elementary schools are in accordance with the Ministerial Regulation No. 76 on Technical Guidelines and the Use of Financial accountability BOS 2013, (2) the level of effectiveness of the management of BOS in all elementary schools reached 87%, be very effective criteria, (3) problems faced by all elementary schools that BOS does not come on time, and the lack of understanding of the management committee of BOS, (4) efforts made throughout elementary school that is doing the loan funds, and shopping on credit, and strengthening the committees on BOS.
keyword : effectiveness and management of BOS funds

Published

2014-10-29

Issue

Section

Articles