PENGARUH SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TOSERBA NUSA PERMAI DI KECAMATAN NUSA PENIDA TAHUN 2014

Ni Luh Julianti ., Drs. I Made Nuridja, M.Pd. ., Made Ary Meitriana, S.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) exterior, general interior, store layout, dan interior display secara parsial terhadap minat beli konsumen pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014, dan (2) suasana toko secara simultan terhadap minat beli konsumen pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Subjek penelitian ini adalah konsumen Toserba Nusa Permai sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah suasana toko dan minat beli konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi berganda dengan SPSS 16.0 for windows yang meliputi uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secar parsial exterior, general interior, store layout, dan interior display berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014, dan (2) secara simultan suasana toko berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014, hal tersebut ditunjukan dari nilai Fhitung = 39,766 > Ftabel = 2,47 atau p-value = 0.000 < α = 0,05.
Kata Kunci : minat beli konsumen, suasana toko

This research aimed at identifying the effect of (1) exterior, general interior, store layout, and interior display as partial toward interest consumer buy postgraduate Toserba Nusa Permai at Nusa Penida District in 2014, and (2) store atmosphere toward simulate toward interest consumer buy postgraduate Toserba Nusa Permai at Nusa Penida District in 2014. This research was a descriptive quantitative research with 100 person respondent. The subject of this research the consumer of Toserba Nusa Permai and the store atmosphere interest consumer buy. The method of data collection was questionnaire and was analyzed by fold regression analyzed SPSS 16.0 for windows that inclue t and F test. The result of this research showed that (1) according to partial exterior, general interior, store layout, and interior display has significant influence toward interest of consumer buy at Toserba Nusa Permai in Nusa Penida District in 2014, and (2) in a manner of simulate the store atmosphere has significant influence toward interest of consumer buy at Toserba Nusa Permai District in 2014. It can be seen from the value of Faccount = 39,766 > Ftable = 2,47 or p-value 0,000 < α = 0,05
keyword : interest consumer buy, store atmosphere

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4119

Article Metrics

Abstract view : 5056 times
PDF file view : 8002 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928

Homepage: https://penerbit.undiksha.ac.id

Email: ekonomijurnalpendidikan@gmail.com


Managed by

Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha

In Cooperation with

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha indexed by:

Crossref ICI Moraref One Search Dimensions GarudaAkreditasi SINTA 4