PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS3 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Kadek Adi Padmani .
  • Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .
  • Drs. Made Artana, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4134

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post fakto yang bertujuan mengetahui pengeruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar ekonomi siswa, pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa, pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa dan pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa melalui aktivitas belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS3 yang berjumlah 24 orang siswa. Data dikumpukan dengan angket, dokumentasi dan observasi yang dianalisis menggunakan analisis jalur. Data diolah menggunakan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung = 5,998 > ttabel = 1,717 atau signifikan hitung = 0,000 < .dari = 0,05. (2) Aktivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai thitung = 13,862 > ttabel = 1,717 atau signifikan hitung = 0,000 < dari = 0,05. (3) Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap aktivitas belajar dengan nilai thitung = 4,944 > ttabel = 1,717 atau signifikan hitung = 0,000 < dari = 0,05. (4) Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar. Besarnya pengaruh pengelolaan kelas secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar yaitu 0,526 x 0,897 = 0,472. Pengaruh langsung antara pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar yaitu 0,526 dengan taraf signifikansi 0,000.
Kata Kunci : pengelolaan kelas, aktivitas belajar, hasil belajar ekonomi

this research is the research types of ex post facto that is aimed to know the influence of class management to the students’ economy achievement, the influence of students’ learning activities to the stdents’ economy achievement, the influence of class management to the students’ learning activities and the influence of class management to the students’ learning achievement through students’ learning activities. The population of this research is the stdents at class XI IS3 that consists of 24 students. The data was collected by questionnaire, documentation and observation which analyzed by using path analyze. The data is processed by using SPSS 16.0 for windows. The result of this research shows that; (1) class management has influence to students’ economy achievement with the value of taritmatic = 5,998 > ttabel = 1,717 or significant account = 0,000 < .from = 0,05. (2) Learning activities has influence to learning achievement with the value of taritmatic = 13,862 > ttable = 1,717 or significant account = 0,000 < from = 0,05. (3) class management has influence to learning activities with the value of taritmatic = 4,944 > ttable = 1,717 or significant account = 0,000 < from = 0,05. (4) Class management has influence to learning achievement through learning achievement. The large of the class management influence indirectly to the learning achievement that is 0,526 x 0,897 = 0,472. Direct influence between class management with learning activities that is 0,526 with significant level 0,000.
keyword : class management, learning activities, economy’s learning achievement.

Published

2014-10-29

Issue

Section

Articles