Perkuliahan Secara Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Discord Di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Authors

  • Amirul Arif Universitas Negeri Surabaya
  • Luqman Hakim

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.43921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran hybrid learning yang mana pembelajarannya menggunakan inovasi aplikasi tambahan yaitu aplikasi discord. Metode penelitian ini menerapkan metode statistik deskriptif. Survey dilakukan terhadap 64 mahasiswa yang telah meaksanakan pembelajaran hyrbid learning di program studi pendidikan akuntansi FEB Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Semua populasi dalam penelitian ini digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran hybrid learning menggunakan aplikasi discord berjalan dengan baik dan jauh lebih efektif dibandingkan dengan hanya menggunakan aplikasi zoom. Pembelajaran hybrid learning dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi covid-19. Implikasi adalah pembelajaran hybrid learning perlu di kembangkan lebih mendalam dan diperlukan perhatian khusus oleh berbagai pihak guna pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang jauh lebih efektif di masa pandemi covid-19

References

Akkoyunlu, B., and M. .. Soylu. (2006). “A Study on Students’ Views on Blended Learning Environment.” Turkish Online Journal of Distance Education 7(3):43–56.

Beqiri, M. .., N. .. Chase, and A. Bishka. (2009). “Online Course Delivery: An Empirical Investigation of Factors Affecting Student Satisfaction.” Journal of Education For Business 85(2):95–100.

Childs, M., and A. Peachey. (2013). Understanding Learning in Virtual Worlds. London: Springer.

Maphosa, C., and S. Bhebhe. (2019). “Digital Literacy: A Must for Open Distance and e-Learning (ODEL) Students.” European Journal of Education Studies 5(10):186–99.

Piccoli, G., R. Ahmad, and B. Ives. (2001). “Web-Based Virtual Learning Environments: A Research Framework and a Preliminary Assessment of Effectiveness in Basic IT Skill Training.” MIS Quarterly 25(4):401–26.

Staker, H., E. Chan, M. Clayton, A. Hernandez, M. B. Horn, and K. Mackey. (2011). The Rise of K–12 Blended Learning: Profiles of Emerging Models. Retrieved from http://www.innosightinstitute.org/media-room/publications/education-publications/blended_learning_models/

Sun, P. C., R. J. Tsai, G. Finger, Y. Y. Chen, and D. Yeh. (2008). “What Drives a Successful E-Learning? An Empirical Investigation of the Critical Factors Influencing Learner Satisfaction.” Computers & Education 50(4):1183–1202.

Wu, J. H., R. D. Tennyson, and T. L. Hsia. (2010). “A Study of Student Satisfaction in a Blended E-Learning System Environment.” Computers & Education 55(1):155–64.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles