PENGARUH STORE ENVIRONMENT DAN STORE LAYOUT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MIGROS DI KECAMATAN BATURITI TAHUN 2014

Authors

  • Ni Luh Gede Taridayanti .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .
  • Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh parsial store environment dan store layout terhadap keputusan pembelian konsumen (2) pengaruh simultan store environment dan store layout terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen Migros yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti atau tak terhingga sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental random sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) store environment berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Migros di Kecamatan Baturiti tahun 2014, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 5.204 > ttabel = 1,98498 atau p-value = 0,000 < α = 0,05, (2) store layout berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Migros di Kecamatan Baturiti tahun 2014, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 6.103 > ttabel 1,98498 atau p-value = 0,001 < α = 0,05, (3) store environment dan store layout berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Migros di Kecamatan Baturiti tahun 2014, hal tersebut ditunjukan dari nilai Fhitung = 35.701 > Ftabel = 2,70 atau p-value 0,000 < α = 0,05. Hasil analisis koefesien determinasi diperoleh 0,637, hal ini berarti besar persentase pengaruh secara simultan adalah 63,7%.
Kata Kunci : Store environment, Store layout, Keputusan pembelian

This research aims at finding out (1) the influence of partial store environment and store layout on consumer purchasing decisions (2) the influence of simultan store environment and store layout on consumer purchasing decisions. The population of this study is that Migros consumer number is not known exactly or infinity while the sampling technique used was incidental random sampling with a sample size of 100 respondents. The type of data used are. Data quantitative data collected by questionnaire, which is then analyzed with multiple linear regression analysis. The result of the research manifests that; (1) store environment significantly influence consumer purchasing decisions on Baturiti Migros in 2014, it can be proven by the value of taccount = 5.204 > ttable = 1,98498 or p-value = 0,000 < α = 0,05, (2) store layout significantly influence consumer purchasing decisions at the Migros Baturiti in 2014, it can be proven by the value of taccount = 6.103 > ttable = 1,98498 or p-value = 0,001 < α = 0,05, (3) store environment and store layouts influential significant simultaneously on consumer purchasing decisions at the Migros Baturiti in 2014, it can be proven by the value of taccount = 35.701 > ttable = 2,70 or p-value = 0,000 < α = 0,05. The result obtained from coefficient of determination analysis is 0,637, it indicates that the percentage of the influence is 63,7%
keyword : store environment, store layout, purchasing decisions

Published

2014-11-25

Issue

Section

Articles