Pemberian Layanan Informasi untuk Mengurangi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Maumere

Authors

  • Siti Qomaria Prodi Pendidikan Ekonomi, IKIP Muhmmadiyah Maumere
  • Muhamad Taufik Arifin
  • Amir Djonu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.46528

Keywords:

Pemberian Layanan Informasi, mengurangi perilaku mebolos pada siswa kelas X.Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2). Azhar, S. K., & Daharnis, I. S. (2013)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan Pemberian layanan informasi untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa kelas X Smk negri 1 maumere. Jln. Waiklau sikka kec,Alok.penelitian ini bertujuan mengungkapkan pemberian layanan informasi untuk  mengurangi perilaku membolos siswa pada kelas X SMK Negeri 1 Maumere. Metode yang digunakan adalah jenis kualitatif, dengan pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik pengumpulan data :dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan dua temuan yaitu (1) Pemberian layanan informasi untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa kelas X Smk negri 1 maumere. Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan Dalam rangka mengurangi perilaku membolos pada siswa khususnya di kelas X SMK Negeri 1 Maumere, pihak sekolah dalam hal ini Kepala sekolah, Guru mata pelajaran, Wali kelas, dan Guru BP/BK, telah menjalankan perannya dengan baik untuk memberikan layanan informasi dalam bentuk bimbingan dan konseling  sekaligus memotivasi siswa baik secara pribadi maupun kelompok untuk mengatasi semua persoalan yang dihadapi siswa.   Semua layanan informasi yang diberikan kepada siswa berisi petunjuk, nasihat dan contoh-contoh konkrit yang berhubungan dengan masalah-masalah yang dihadapi siswa. 

Author Biographies

Muhamad Taufik Arifin

Pendidikan Ekonomi

Amir Djonu

Pendidkan Ekonomi

References

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Azhar, S. K., & Daharnis, I. S. (2013). Persepsi Siswa tentang Layanan Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja yang Diberikan Guru BK SMAN 1 Kubung. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 146-150.

Abidin, Z. (2009). Optimalisasi Konseling Individu dan Kelompok untuk Keberhasilan Siswa. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 132-148.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Damayanti, F. A., & Setiawati, D. (2013). Studi tentang perilaku membolos pada siswa SMA swasta di Surabaya. Jurnal BK Unesa, 3(1), 454-461.

Elza, E., & Syarif, D. F. T. (2017). Efektivitas Konseling Kelompok Berbantuan Teknik Problem Solving Untuk Menurunkan Perilaku Membolos Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1-4.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92.

Kalsum, U. (2016). Referensi sebagai layanan, referensi sebagai tempat: sebuah tinjauan terhadap layanan refernsi di perpustakaan perguruan tinggi. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 10(1), 132-146..

Munte, B. (2020). IMPLEMENTASI TUGAS GURU PAK SEBAGAI GEMBALA DALAM MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA SMK GKPI 2 Pematangsiantar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(1), 19-38.

Putra, A. (2020). Metode Konseling Individu Dalam Mengatasi Bolos Sekolah Siswa Kelas VIII SMPN 3 Lengayang Sumatera Barat. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16, 112-126.

Putri, V. N., Ifdil, I., Yusri, Y., & Yendi, F. M. (2020). Profil Kebermaknaan Hidup Siswa Membolos. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2), 126-135.

Pravitasari, T. (2012). Pengaruh persepsi pola asuh permisif orang tua terhadap perilaku membolos. Educational Psychology Journal, 1(1).

Rahayu, W. D., Hendriana, H., & Fatimah, S. (2020). PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGINYA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(3), 99-106.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peranan pendidikan nonformal dan sarana pendidikan moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173-186.

Soter, I. K. (2018). Manajemen Pendidikan Berorientasi Masa Depan. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(2), 16-26.

Sari, A. K. (2017). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN KONSELING. El-Rusyd: Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 2(2), 90-111.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles