STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU SEBELUM DENGAN SESUDAH BERSERTIFIKASI DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMAN 1 TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v1i1.476Abstract
Abstrak
Penelitian ini berlokasi di SMAN 1 Tabanan, yang bertujuan untuk mengetahui (1) kinerja guru sebelum bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran, (2) kinerja guru sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran, (3) perbedaan antara kinerja guru sebelum dengan sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan analisis paired-samples t test menggunakan spss 16 for window. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kinerja guru sebelum bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran memiliki skor rata-rata 111,87 dan tergolong dalam kategori sangat baik, (2) kinerja guru sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran memiliki skor rata-rata 113 dan tergolong dalam kategori sangat baik juga, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru sebelum bersertifikasi dengan sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian memperoleh t hitung -4,432 dengan probabilitas 0,001 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima.
Kata Kunci: kinerja guru, proses pembelajaran, sertifikasi